Jumat, 27 November 2015

Curug Bentang, Surga Yang Sempat Terabaikan

Teks & foto Oleh : Tini Yuniar

Tanah sunda wibawa
Gemah ripah tur endah
Nu ngumbara, suka betah"- 
(dibaca jangan dinyanyiin hahha)
(Kawih Sunda oleh Koko Koswara)

-----------------------------
Bila diartikan ke dalam bahasa anak gaul nih, kawih sunda diatas kira-kira begini: "Tanah Sunda itu indah gaess, Lo yang dateng kesini pasti bakalan betah!" udah tempat wisatanya banyak dan keren-keren, penduduknya sangat ramah, ceweknya cakep cakep, cowoknya cucok cucok, ah.. pokoknya calon menantu idaman banget deh :p jadi jangan lupa main-main kesini yak, manatau mamahmu setuju. gitu.

Tanah Sunda, Banyak banget yang mensalah-artikannya sebagai Kota Bandung ya? Just Because We Use Sunda Language, doesn't mean sunda is Bandung! Just for your information.
 
Tanah Sunda mengacu pada kota dan kabupaten yang berada di wilayah barat pulau jawa, dalam hal ini Provinsi Jawa Barat juga Banten. Yup Benar, Jadi wilayah tatar pasundan itu nggak cuman Bandung ya gaes tapi juga seperti Sumedang, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, dan Juga Subang!

Kalau bicara soal Subang nih, apa sih hal pertama yang terbesit dalam pikiran kamu kalau denger nama kota ini? jangan bilang NANAS puh..lisss! Tapi emang iya sih Subang kan kota Nanas. dan memang nanas si madu itu enak! tapi kalau dimadu mah ya mana enak :(

Selain terkenal karena nanas nya, subang juga terkenal dengan berbagai macam tempat wisata contohnya seperti wisata perkebunan teh yang menyejukkan mata, lalu ada wisata pemandian air panas yang harga tiket masuknya udah nggak manusiawi, yang terakhir adalah wisata air terjun. Iya jadi buat kamu yang nggak tau, Subang itu merupakan surganya air terjun di tatar pasundan. Banyak sekali air terjun (curug) yang warbyasa di kota Subang ini gaes. Yang Paling Hits sih seperti Curug bareuhbeuy, Kawasan Wisata Capolaga dengan curug karembong nya, lalu curug bedil, curug cileat dan tentunya satu curug tersembunyi dengan tingkat keindahan level dewa yaitu...
"Curug Bentang, Surga yang Sempat Terabaikan"


Soal lokasi, Curug Bentang secara administratif berada di Desa Sanca, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Dari Bandung sendiri akan memakan waktu sekitar 3-4 jam. Untuk sampai di curug ini bisa melalui desa Palasari yang letak gangnya dekat dengan salah satu resort pemandian air panas yaitu  ciater highland resort. Dari desa palasari waktu yang dibutuhkan hingga sampai pintu masuk wisata curug bentang adalah sekitar 1 jam. Akses jalan menuju curug bentang cukup sulit karena sama sekali tidak ada petunjuk arah. Yang perlu kita lakukan hanyalah bertanya, bertanya, dan bertanya. 

Sedikit cerita.. Saat itu tak terhitung berapa kali kita bertanya. Nanya sama tukang nanas pinggir jalan lah, nanya sama tukang sayur yang lagi dikerubunin ibu-ibu lah, nanya sama aa yang sangat terlihat lelah dengan hidupnya lah, dan yang paling membahagiakan adalah moment ketika nanya sama si bapak di sebuah bengkel mobil yang berujung pada kita dianterin sampe pintu gerbang curug bentang! sebut saja pak angel penyelamat (karena kami  lupa nanya namanya) dengan percakapan sederhana..

"pa punten bade naros, ai ka curug bentang jalanna ka palih mana?"
"pa mau tanya, kalau ke curug bentang jalannya kemana?"
"curug bentang? curug bentang atau curug bareuhbeuy a?"
"Mun Curug Bentang mah masih tebih, mun bareuhbeuy tos kalangkung..ba bi bu xsakuweagfk"
"kalau curug bentang mah masih jauh, kalau bareuhbeuy udah kelewat"

si bapak terlihat sedang menjelaskan arah jalan menuju curug bentang pada salah satu dari kami. mungkin karena beliau kasian liat muka kami yang terlihat lelah dan sedikit memelas akhirnya pak angel penyelamat bilang.

"nya tos weh atuh sareng jeung abi, abi sakantenan bade ka banceuy"
"yaudah bareng aja sama saya, saya sekalian mau ke banceuy"
ingin rasanya aku bertanya, pa mun ka bumi mantan abi palih mana nya abi amnesia pa? manatau dianterin kituuu :))

saat itu seketika aku ingin memeluk pak angel, tapi pending heula weh karena kami harus segera menuju curug bentang!

dan setelah melewati jalan yang cukup jauh, naik turun nanjak mudun, melewati banyak rintangan seperti hubungan kita. akhirnya sampai juga di pintu masuk curug bentang!


Saat sampai di depan pintu masuk curug bentang, kita disambut dengan papan "selamat datang di taman rekreasi curug bentang". Tak jauh dari situ, terlihat jalan setapak menuju curug bentang dengan kondisi sudah dibeton, lalu didalamnya terdapat bangunan seperti gazebo dan juga toilet yang terlihat seperti tidak pernah terurus. Hal ini mengindikasikan (yailahh ilmiah amat bahasanya) bahwa dulu curug bentang sempat dikelola oleh pemerintah setempat dan pernah menjadi tempat favorit warga sekitar untuk berekreasi. Entah apa alasan utama hingga curug seindah ini endingnya terabaikan. mungkin karena ada tempat wisata lain yang akses jalannya lebih mudah dan lokasinya lebih dekat dengan rumah mereka. 

kebayang gak sih, kayak waktu kamu di pdkt-in cowok terus endingnya doi malah milih untuk meninggalkan karena ada yang lebih cantik dibanding kamu? atau kayak waktu pdkt an, dipepet, terus digombalin tiap detik, tapi dah jadian dicuekin. kan cuqid gaes, cuqid :(

well, untuk mencapai curug bentang dari pintu masuk kita harus jalan kaki menyusuri jalan setapak hingga sampai ke dasar jurang yang kira kira membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit. sepanjang jalan kita akan melewati pohon-pohon yang rimbun dan lahan pertanian juga perkebunan warga. selalu hati-hati karena dibeberapa titik ada banyak persimpangan jalur. yang harus kamu lakukan adalah berjalanlah melawan arah arus air. dan satu lagi insting! yup, insting manusia emang ngga pernah salah, yang salah tuh kalau ga mas anang, ya krisdayanti yang jelas bukan jokowi. egimana?

berbeda dengan curug-curug lainnya, curug bentang ini memiliki 3 tingkatan, tingkatan pertama dengan curug yang memiliki tinggi sekitar 10 meter dan memiliki kolam tadahan air yang besar. Belum pasti berapa kedalaman kolam tersebut. Sempat ada yang mengukurnya dengan menggunakan bambu yang memiliki panjang 25 meter, tapi nggak mentok-mentok gaes. Jadi kebayang dong dalemnya segimana? bahkan mitosnya dari kolam curug tingkatan pertama ini bisa tembus hingga pantai selatan loh. Hanya mitos ya, belum tentu benar dan belum ada yang menelitinya sejauh itu.
tingkatan kedua dengan curug yang memiliki tinggi kurang lebih 50 meter dengan kolam tadahan air tak kalah besar dari tingkatan pertama. yang unik dari kolam tadahan air ditingkatan kedua ini adalah bentuknya yang menyerupai "love". Air dari kolam ini mengalir lagi ke kolam tadahan air kedua ditingkatan yang sama. dari kolam tadahan air kedua ini, air dialirkan lagi ke kolam paling bawah. Untuk menuju curug di tingkatan kedua kita harus melakukan trekking lagi gaes. kurang lebih sekitar 15 menit dengan medan yang cukup berat. kita harus menyusuri sedikit hutan bambu dengan jalan yang curam.

curug tingkatan kedua dengan kolam tadahan air berbentuk love
tingkatan ketiga dalam hal ini kolam yang paling atas curugnya memiliki tinggi kurang lebih 1 meter dengan kolam tadahan air yang besar pula. tidak diketahui berapa kedalaman air di kolam ini.  

Memang benar bahwa untuk mendapatkan sesuatu yang indah itu butuh perjuangan yang tidak mudah ya? begitu sampai di air terjun tingkatan ketiga, mulutku cuma bisa nganga :O dan mengucap"Subhanalloh, belle mimpi? belle masih di bumi khaaan?"

Yup, jadi gaes, curug di tingkatan ketiga ini menurutku adalah yang paling keren dibanding dua curug sebelumnya. Warna airnya hijau tosca! beningggggggggg banget, lebih bening dari paha artis koriyah, tapi hati hati yah batu didalem airnya sangat licin karena banyak lumutnya. 

Dilihat dari tidak adanya sampah sepertinya jarang sekali orang yang naik hingga curug tingkat ketiga ini gaes dan jalan yang dilaluinya memang cukup sulit dan menguras tenaga.

curug tingkatan ketiga dengan tinggi sekitar 1 meter dan memiliki kolam tadahan air ter indah versi tukang piknik
Oh ya, ada satu hal yang menarik dari curug bentang ini adalah letaknya yang berada di kawasanKampung Adat Banceuy. Yup, jadi curug bentang ini berhubungan erat dengan sejarah kampung adat banceuy. Kampung Adat yang terkenal dengan nama kampung seribu satu ritual. 
konon katanya dahulu kala seorang tokoh yang sering sekali kita lihat namanya di buku-buku sejarah, mantan pemimpin Negara Kesatuan Republik Indonesia yaitu Ir. Sukarno sempat melakukan napak tilas untuk mencari ilmu kenegaraan supaya indonesia menjadi negara yang bersatu. Ia melakukan napak tilas di daerah wangunharja yang merupakan tempat bertapa prabu siliwangi. Ia mendapat titah untuk bersemedi disebuah batu yang berbentuk kapal yang terletak di daerah Banceuy, tepatnya di curug bentang.

-----------------------------------------------------------------

How to Get There:
1. Dari bandung, arahkan kendaraanmu hingga Stasiun Hall Ledeng lalu ambil jalur lurus menuju lembang
2. sampai di pasar lembang lanjutkan perjalanan hingga kamu menemukan "Ciater Highland Resort"
3. 200 meter dari ciater highland resort kamu akan menemukan sebuah jalan kecil menuju desa palasari tepatnya di kanan jalan.
4. masuk ke jalan tersebut, ikuti jalan hingga kamu menemukan SMK Tunas Bangsa
5. lanjutkan perjalanan hingga kamu mencapai kampung adat banceuy


How Much Money We Spent:
curug bentang sempat dikelola, tetapi sekarang sudah tidak jadi tidak ada tiket masuk resmi

Tips:
1. bawalah makanan ringan karena lokasi curug bentang sangat jauh dari jantung kehidupan desa
2. jangan pernah malu untuk bertanya, jika tidak kamu pasti akan tersesat karena banyak jalan percabangan menuju curug bentang ini
3. bawa baju ganti, jika kamu ingin berenang
4. yang tidak terlalu mahir berenang, disarankan tidak usah berenang sampai tengah karena kedalaman kolam diperkirakan lebih dari 25 meter
5. bawalah kamera untuk mengabadikan moment
6. bawa air putih secukupnya karena kita harus trekking menuruni jurang (jalan sudah di beton)
7. gunakan sepatu/sandal trekking
8. bawa kunci gembok untuk jaga-jaga karena tidak ada tempat parkir motor
9. bawalah sampahmu kembali, jangan pernah mengotori area curug bentang, karena curug ini masih sangat-sangat bersih
10. Jangan ambil sesuatu kecuali pacar orang, jangan tinggalkan sesuatu kecuali masa lalu yang kelam, jangan bunuh sesuatu kecuali mantan mu.

#salam


Notes:
Curug Bentang merupakan curug yang terbilang sepi pengunjung karena aksesnya yang sangat sulit dan cukup jauh, jadi saat kamu mengunjungi curug bentang dimohon untuk tidak membuang sampah sembarangan dan meninggalkan jejak apapun. Cintailah alammu dengan cara yang lebih bijaksana :)

Tulisan ini dipublikasikan juga di : http://tiny-wanderlust.blogspot.co.id/2015/11/piknik-bandung-curug-bentang-surga-yang.html

1 komentar :

  1. Wah, padahal bagus ya curugnya, kasihan banget diabaikan lagi... Mudah-mudahan tulisan ini bisa menggerakkan wisatawan yang peduli. Informatif :)

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, menyanggah, bertanya ataupun ingin berkorespondensi.



Terima kasih

Masukan E-mail Anda Untuk Tetap Update Blog Satubumikita

ANDA PENGUNJUNG KE-

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...