Jumat, 11 Desember 2015

Catatan Pendakian Gunung Sindoro

Oleh : Bayu Surya Ginanjar


* Sekilas tentang Gunung Sindoro.
Gunung Sindoro terletak di Propinsi Jawa Tengah, Indonesia. Temanggung adalah kabupaten terdekat dari Gunung Sindoro.Gunung Sindoro sering disebut juga Gunung Sindara atau Sundoro.
Gunung Sindoro adalah gunung aktif dengan ketinggian 3150MDPL.
Kubah lava baru terbentuk akibat erupsi tahun 2011.
Gunung Sindoro memiliki beberapa jalur pendakian. Jalir pendakian Gunung Sindoro via Kledung, Tambi, dan Sigedang. Namun, jalur pendakian yang sering dilewati adalah jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung.

*Reverensi Instagram


Transportasi Bandung - Gunung Sindoro : 
Terminal Cicaheum -  Terminal Wonosobo 75k

Terminal Wonosobo - Bus Jurusan Purwokerto (Turun di Ds.Kledung 10k

Ojeg Basecamp - Pos 1 10k
Simaksi 10k


Basecamp Gunung Sindoro Via Kledung

* Jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung.
1. Basecamp.
Basecamp Gunung Sindoro via Kledung terletak di kanan jalan Semarang-Purwokerto. Bangunan yang digunakan sebagai basecamp lumayan luas.
2. Pos 1 jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung.
Butuh waktu sekitar satu jam untuk sampai di Pos 1. Jalan yang dilalui masih datar dan terbuat dari tatanan bebatuan. Di kanan kiri jalan merupakan perkebunan warga yang ditanami tembakau dan sayuran.
3. Pos 2 jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung.
Dari Pos 1 jalanan mulai menanjak tetapi dengan kemiringan yang tidak terlalu curam bahkan terdapat beberapq titik yang datar dan menurun. Vegetasi yang dominan adalah pohon cemara. Jarak tempuh sekitar 1,5 jam untuk sampai di Pos 2.

4. Pos 3 jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung.
Perjalanan dari Pos 2 menuju Pos 3 mulai menanjak dengan kemiringan yang lumayan menguras tenaga. Vegetasi juga tidak jauh berbeda. Jalan yang dilalui sedikit berbatu dan melipir dipunggungan sebelah timur. Diperlukan kewaspadaan untuk menghindari kecelakaan. Perjalanan dari Pos 2 mebuju Pos 3 memerlukan waktu sekitar 1,5 jam. Biasanya pendaki membuka camp di Pos 3 ini.




Bangun Tenda


5. Pos 4 jalur pendakian Gunung Sindoro via Kledung.
Setelah beristirahat dengan mendirikan camp di Pos 3, biasanya pendaki melakukan summit attack pada dinihari. Barang bawaan ditinggal di Camp. Hal itu disebabkan medan dan kemiringan jalur pendakian lumayan terjal. Selepas dari Pos 3 anda akan melewati hutan lamtoro. Jalanan lumayan licin dan rusak dimusim penghujan. Sehingga diperlukan kewaspadaan ekstra.
Setelah melewati hutan lamtoro jalur pendakian mulai terbuka. Hanya didominasi oleh stepa dan tumbuham semak. Namun, beberapa tumbuhan edelweiss mulai nampak. Jalur pendakian berbatu dan sangat terjal. Tenaga kita akan terkuras disini. Setelah menempuh perjalanan 1,5-2 jam sampailah kita di Pos 4.
Hello Sumbing
                                    
6. Puncak Gunung Sindoro 3150MDPL.
Medan yang dilalui tak jauh berbeda dari pos 3-Pos 4. Jalanan yang dilalui masih menanjak dan berbatu. Tenaga kita benar-benar terkuras diperjalanan dari Pos 4 menuju Puncak Sindoro.
7. Puncak Gunung Sindoro 3150Mdpl.
Setelah berjalan sekitar 1-2 jam anda akan dihadiahi Puncak Sindoro dan pemandangan Gunung Sumbing apabila cuaca cerah.
Kaldera yang tidak begitu luas menganga ditengah-tengah area Puncak. Terlihat juga kepulan asap dan kubah lava baru ditengahnya.
Catatan :
-Perjalanan dari Pos 4 menuju Puncak gunakan slayer atau masker kain yang sebelumnya telah dibasahi menggunakan air. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir gas yang terhirup kedalam tubuh.
-Hati-hati dengan hewan liar terutama babi hutan. Apabila anda berniat membuat camp di Pos 3.


Selamat Mendaki
Salam Lestari



3 komentar :

  1. sindoro mountain semoga bisa puncak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, tetap safety dan jaga lingkungan sekitar ;)

      Hapus
  2. HHhaa babi di gunung Sindoro ngeselin, Dateng sekeluarga, kita usir mamanya duluan paling kenceng, pas aku usir lagi anak nya mama mama NY balik lagi mau jmput, gue pikir mau nyeruduk haha. Assiik bgt dh melakukan pendakian gunung Sindoro via Kledung seperti cerita diatass, kereeennn

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, menyanggah, bertanya ataupun ingin berkorespondensi.



Terima kasih

Masukan E-mail Anda Untuk Tetap Update Blog Satubumikita

ANDA PENGUNJUNG KE-

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...