Teks & Foto Oleh : Dya Iganov
Rencana revisit Semeru untuk ke-3 kalinya
dengan tim yang asik banget tinggal harapan. Siapa sangka chat di malam hari 6
Juni sama salah satu temen yang kebeneran mau mudik ke Blitar malah
menghasilkan plan dadakan. Setelah pesen ulang tiket kereta api Bandung-Blitar
dadakan dan sedikit rempong, tanggal 7 Juni 2013 jadi juga berangkat ke Jawa
Timur meskipun bukan Semeru. Sepakat kami nanjak Buthak via Sirahkencong pp.
SABTU,
8 JUNI 2013
Setelah semaleman perjalanan Bandung – Blitar
sendirian, sekitar jam 05.00 udah celingukan di Stasiun Kereta Api Blitar.
Ternyata kereta temen saya yang orang Blitar belum nyampe (dia kereta dari
Jakarta). Akhirnya saya dijemput sama adiknya temen saya. Kalau ga salah
sekitar jam 09.00 setelah sarapan dan packing dan mandi kami berangkat ke
Perkebunan Teh Sirahkencong. Berhubung cuman pergi berdua, jadi dari rumah
temen saya kami pake motor. Wuih, pertama kalinya banget naik gunung di Jawa
Timur perginya pake motor.
Sebenernya kalau saya aga ragu sama fisik
kalau nanjak Buthak, tapi demi sunrise sama padang savananya, dicoba aja
pelan-pelan. Selain treknya yang lumayan banget, jalur pendakian Buthak masih
sepi banget, malah temen saya pun bilang kalau ga memungkinkan mending balik
kanan. Faktor cuaca jadi perhitungan berikutnya, meskipun udah Juni, tapi ujan
gede kadang masih sering turun, malah sehari sebelum perjalanan kami, Blitar
hujan lebat hampir seharian. Begitu masuk jalan kecil ke arah Perkebunan
Sirahkencong, kami beli spirtus dulu. Di sinilah ujian pertama muncul. Begitu
kami parkir di halaman satu toko kelontong, pas mau matiin motor, ternyata
kunci motornya ga ada di tempatnya, anehnya mesin motor tetep nyala.
Kemungkinan sih jatoh pas abis isi bensin atau pas di jalan kesenggol tas trus
jatoh. Emang sih kami berdua bawa carrier ukuran gede, berhubung kami cuman
mendaki berdua, jadi bawaannya sedikit full pack. Panik? Pasti, tapi kalaupun
balik lagi buat nyari kunci, kayanya ga mungkin banget. Pertama, kami ga tau di
mana kuncinya jatohnya, jalan dari rumah – SPBU – tempat kami sekarang lama
perjalanan totalnya aja dua jam, masa iya sih kami mau nyusur jalanan sepanjang
itu. Akhirnya diakalin gimana caranya biar mesin motor ga mati. Kami jalan
lagi.
Kali ini medan jalannya mulai kerasa nanjak
dan sedikit lebih sepi. Sinar matahari udah ga seterik pas pergi, awan ujan
udah mulai sedikit berdatangan ke arah puncak gunung tujuan kami. Mulai
was-was, sambil mikirin alternatif kedua kalau misalnya kami ga memungkinkan
nanjak Buthak. Akhirnya Gunung Penanggungan jadi opsi kedua kami kalau-kalau
kami gagal nanjak Buthak. Setelah mungkin hampir satu jam, kami masuk area
perkebunan teh. Kondisi jalan berbatu
dan tanjakan panjang menyambut kami tanpa henti. Sesekali kami berhenti karena
beban muatan yang kami bawa dan fisik yang sedikit menurun. Kurang tidur
semaleman, cape abis kerja seminggu kemaren ditambah sama medan jalan dan beban
bawaan kami rasanya jadi kombinasi yang lengkap untuk nurunin fisik. Begitu
hampir sampai di pos penjagaan Perkebunan Sirahkencong yang sebenernya masih
harus menempuh beberapa tanjakan sadis lagi, langit di atas Gunung Buthak
sekarang hitam pekat. Fisik abis dan liat kondisi cuaca yang bikin galau bikin
saya mikir lagi untuk nerusin perjalanan.
Akhirnya, setelah berhenti dan mikirin gimana
baiknya, akhirnya kami berdua sepakat untuk banting stir ke Gunung Penanggungan
di perbatasan Pandaan dan Mojokerto. Resikonya adalah kami harus lewatin lagi
jalan berbatu khas perkebunan teh ditambah sekitar 2-3 jam lagi perjalanan di
atas motor menuju Malang. Jalur yang dominan lurus dan lumayan sepi bikin mata
jadi sepet. Masuk area Waduk Karangkates, mata udah ga bisa diajak kompromi
lagi. Saya dan temen saya mutusin untuk istirahat, berhubung emang udah ngantuk
berat. Mau tidur, tapi nanti ga nguber waktunya buat nanjak Gunung
Penanggungan, ga tidur, ya ngantuk di motor.
Akhirnya kami hanya berhenti sebentar dan
pergi. Mata udah lumayan bisa tahan ngantuk begitu masuk jalan yang aga
berkelok-kelok. Ga lama jalan, kami berhenti sebentar untuk pake jas ujan
soalnya udah mulai gerimis. Ternyata begitu masuk Kabupaten Malang, gerimisnya
berhenti dan kami pun berhenti lagi buat lepas jas ujan dan re-packing. Sampai
di daerah Kepanjen, jalan kembali lurus dan lebih lebar dan lebih sepi, ngantuk
pun dateng lagi. Kali ini, awan di atas kami mulai kurang bersahabat, akhirnya
kami pun mutusin untuk pake jas ujan, tepat pas ujan gede turun tanpa
basa-basi. Dengan kondisi motor yang ga ada kucinya dan ga boleh sampe mati,
kalau kami berhenti takutnya bensinnya abis percuma. Akhirnya dengan bekal jas
ujan, kami pun jalan lagi nerjang ujan lebat menuju Kota Malang.
Siapa sangka, Kota Malang hari ini kurang
bersahabat. Setelah diguyur ujan deres lebih dari satu jam menuju Kota Malang,
begitu sampe di Kota Malang, ujan masih belum nunjukin tanda berhenti. Kota
Malang sore ini menyuguhkan banjir setinggi knalpot, macet total, dan ujan
lebat yang ga kunjung reda sebagai sambutan selamat datang. Perlu waktu hampir
satu jam hanya untuk ngelintas di Kota Malang. Banjir di jalan utama ke arah
luar Kota Malang menghambat perjalanan kami. Kami terakhir hanya makan pas
sarapan di Blitar, ditambah barang dan beban bawaan yang lumayan berat,
akhirnya harus banyak kehilangan kondisi fisik yang fit. Yang kami takutkan
dari banjir ini bukan kami yang udah basah makin basah, tapi takut motor kami
mati. Kalau sampai mesinnya mati, tamat sudah perjalanan kami Dengan kondisi
basah kuyup dan sedikit salip sana-sini, sekitar jam 15.00 kami berhasil lolos
dari macet dan banjirnya Kota Malang.
Sekarang tinggal basah menggigil sama lapernya
aja berhubung perut belum diisi makanan lagi dari pagi tadi. Bukan hanya perut
kami berdua yang lapar, ternyata si motor pun mulai lapar setelah jalan jauh
dari Wlingi dan kena macet total dan banjir di Malang. Pertama-tama kami cari
bengkel dulu biar bisa ngebuka jok kursi dan ngasih makan si motor, dan biar
kelar juga ini masalah kunci motor. Akhirnya sekitar jam 16.00, motor selesai
diakalin dan udah dikasih makan juga. Setelah drama salah jalan, akhirnya tepat
jam 17.00 kami sampai di parkiran pos Gunung Penanggungan. Dengan kondisi fisik
yang udah banyak menurun, kondisi badan basah kuyup, ngantuk yang makin menjadi
akhirnya kami nunda pendakian sampai abis Magrib, kami putusin buat jalan malem
aja dan camp di puncak bayangan.
Dengan kondisi fisik yang udah menurun drastis
ditambah suasana hutan yang sedikit ga enak, konsentrasi pun jadi menurun.
Sering banget kepeleset atau kesandung akar pohon, jalan setapak juga lumayan
licin. Begitu masuk jalan setapak, langsung disuguhin sama tanjakan akar dan
lumpur. Sekilas, jalur pendakiannya mirip sama jalur pendakian Slamet via
Bambangan dari pos 1 ke pos 2 hanya jarak tinggi antar tanjakannya ga sesadis
Slamet. Tanjakannya cabe rawit semua, tanpa bonus dan jalur akar. Jalan malem
emang bikin saya yang lambat ini jadi tambah lambat. Pendakian kali ini, fisik
udah abis duluan sebelum nanjak, akhirnya, untuk pertama kalinya selama
pendakian yang ada rasanya pengen marah-marah ketemu tanjakan ga abis-abis.
Baru nanjak dua sampai lima tanjakan berhenti, duduk lama. Atur nafas pun
lumayan susah. Kesel, marah, pokonya bawaannya pengen misuh-misuh aja.
Akhirnya, setelah perjuangan yang lumayan bikin fisik tambah abis, sampailah
kami di puncak bayangan. Padahal, kami hanya molor 30 menit dari waktu
pendakian normal dari pos ke puncak bayangan, yaitu 2 jam. Udah ga ada semangat
dan tenaga lagi bahkan hanya untuk lepas dan bongkar barang bawaan.
MINGGU,
9 JUNI 2013
Temen saya sih ngajakin buat lanjut nanjak ke
puncak, tapi kalau saya sih udah sama
sekali ga ada minat untuk nerusin nanjak. Jalur ke puncak Gunung Penanggungan
ini mirip banget ama jalur ke puncak 3 Gunung Guntur, hanya, jalur Gunung
Penanggungan ini batu kerikilnya ga sebanyak Gunung Guntur yang bikin serodotan,
kebanyakan tanah, dan jadi lebih padet sehabis diguyur ujan seharian kemaren.
Tetep aja, kalau udah ilang minat mah, seenak apapun jalurnya, ya males juga.
Akhirnya, foto-foto seadanya soalnya cuaca kurang bersahabat dan spot fotonya
kayanya bukan di sini. Ya sudahlah, yang penting jadi juga naik gunung.
Berhubung saya juga harus ngejar kereta ke Bandung dari Malang sekitar jam
13.00, jadi keputusan untuk ga nerusin jalan ke puncak adalah pilihan yang
tepat.
Akhirnya ga sampe satu jam, kami udah sampe di
trek ladang. Kami papasan sama bapak-bapak yang mau ke ladang, seperti biasa,
sapaan kami dibalas ramah. Ga jauh dari bapak yang pertama ternyata kami
papasan lagi sama bapak yang kedua, kami sapa lagi, tapi kali ini tanggepannya
ga seramah yang biasanya. Temen saya akhirnya mutusin untuk mencar, dia jalan
duluan trus bawa motor, saya tetep nerusin jalan sendiri. Sambil berenti,
niatnya sih sambil mau bikin minuman berasa, tapi ko perasaan langsung mendadak
ga enak ya. Semak-semak di belakang saya langsung bunyi, bukan angin, soalnya
emang ga ada angin. Ini sih udah fix pasti ada binatang. Saya cuman kepikiran
satu, Harimau! Waduh, serem aja. Awalnya sih cuman kaget dan masih berusaha
buat bikin minuman, tapi makin lama suara semak-semaknya makin kenceng, dan
saya pun langsung spontan beres-beres trus ngibrit. Anehnya, pas udah aga jauh
dari tempat saya berhenti tadi, kayanya semak-semaknya tenang lagi dan ga ada
binatang yang lewat. Ah, ya sudahlah.
Satu persimpangan, dua persimpangan, akhirnya sampe
di persimpangan terakhir. Setelah persimpangan yang terakhir, pas cek GPS,
ternyata udah hampir nyampe di warung dan bener aja, temen saya pun dateng pake
motor. Akhirnya. tanpa banyak waktu, kami pun packing ulang dan langsung tancap
gas ke Stasiun Malang, sementara teman saya lanjut ke Blitar pake motor.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Silahkan berkomentar, menyanggah, bertanya ataupun ingin berkorespondensi.
Terima kasih