Kamis, 21 Maret 2013

Cerita Kawan, Pendakian Gunung Cikuray, Garut

Cerita pendakian Gunung Cikuray 8-10 maret 2013, diambil dari timeline kawan satubumikita. Oleh: @nz3nk (Abah Tuy'ing)



1. pendakian ini tak terencanakan oleh saya,hanya spotanitas ketika saya dapat ajakan dari @satubumikita ,dan saya meng-iyakan.#cikuray



2.saya berangkat berdua dengan teman dari subang dan bergabung dgn mereka di garut dan total jumlah pesrta 16 orang #cikuray

3.tgl 8-10 maret waktu yg ditentukan mereka,jam 8 malam kita bertemu di terminal guntur(garut)#cikuray

4.setelah sedikit salam perkenalan akhirnya kita menuju pos pemancar titik awal pendakian menggunakan mobil pick- up carteran

5.tiba di pertigaaan kebun teh dayeuhmanggu menuju pemancar,mobil yg kita sewa tidak mau meneruskan perjalanan #cikuray

6.saya pikir sopir tidak tau jalan atau apalah,akhirnya kami memutuskan untuk jalan kaki,sesuai petunjuk arah yang terpasang #cikuray

7.waktu menunjukan pukul 10 malam saat itu,kami jalan terus dengan patokan lampu pemancar yg terlihat dekat #cikuray

8.karna penerangan kurang & jalan yg dilalui begitu terjal diantara perkebunan teh,akhirnya kita memutuskan ngecamp didekat sungai #cikuray

9.saya sempat berbicara dgn kg opik(kepala rombongan)"kayanya kita salah jalan",dari pada membikin panik semua anggota pendakian- #cikuray

10.akhirnya sy dan kang opik memutuskan untuk mencari jalur ketika mereka masih tertidur,untuk mempermudah perjalanan esok harinya #cikuray

11.jam 04.30dini hari kita berdua berangkat menuju titik cahaya pemancar,jln yg kita lalui memang diantara kebun teh #cikuray

12.tapi kita ambil garis lurus cahaya dari pemancar,walau sering kita naik turun bukit terjal sampai harus masuk ke semak belukar #cikuray

13.sempat kita bertemu binatang liar tapi kita bersyukur masih selamat,jam 6 pagi kita nyampe pemancar dan lapor ke pos pendakian #cikuray

14.setelah minum kopi ,akhirnya tim memutuskan untuk menjemput rombongan kita dengan mobil,karna jalur yg kita lalui semalem-#cikuray

15.melenceng jauh dari jalur,seharusnya waktu dipertigaan kita mengambil jalur tengah bukan jalur paling kiri sperti yg kita lakukan #cikuray

16.saya jadi berpikir ini sopir yang gak tau jalan apa ada oknum yang iseng dengan merubah papan penunjuk arah??#cikuray

17.setalah pencarian selama 2jam lebih dan lucunya diisukan hilang diantara 2punggungan oleh petugas jaga,tim kita ditemukan :))#cikuray

18.sesampainya dipemancar dan kita siap mendaki walau jadwal sedikit molor 2 jam,kita langsung tancap gas mendaki #cikuray

 19.tapi disana air harus bawa dari pos pertama,karna mata air jauh dari jalur pendakian,memang ada pipa air milik penduduk

20.dari pos 2-3 yang sengaja dipecah oleh pendaki terdahulu tapi kecil dan lama buat mengisi bila kita yg kita butuhkan banyak #cikuray

21.medan pendakian memang dari awal langsung nanjak tanpa bonus(istilah pendaki u/ jalur landai) sedikit pun,tak seprti gunung lain #cikuray

22.gn.cikuray memang ketinggian nyagak seberapa dibanding semeru dan rinjani tapi jalur yg dilalui sangat menguras fisik &mental #cikuray

23 ketika mau sampai pos 2 turun hujan dan menambah berat medan yg harus kita lalui,kita berhenti sejenak u/masak & istirahat #cikuray

24.berhubung fisik dan kaki sy yg pasca cidera sy memutuskan untuk menjadi sweper(sapu bersih) agar tidak menghambat laju pendakian #cikuray

25.seharusnya swepper mempuntai fisik yg lebih kuat,dan dipos 3 kami terpisah jauh dari rombongan besar yang didepan#cikuray

26.hanya saya,oji dan abduh(keduanya peserta dri garut) yang tersisa dibelakang,dikarnakan fisik sy tidak memadai untuk melanjutkan #cikuray

27.saya putuskan mereka berdua tidak memperdulikan saya dan menyusul rombongan didepan,karna sy akan ngecamp dipos3 #cikuray

28.ketika saya mendirikan tenda ada 1rombongan berjumlah 6 orang yg ikut ngecamp,dikatenakan hujan semakin besar #cikuray

29.pikir saya dalam hati"baguslah sy ada teman karna logistik sy tidak lengkap,terbawa semua kerombongan didepan" #cikuray

30.setelah hujan reda akhirnya kita ngobrol" dan saling kenal,saling berbagi logistik,ternyata mereka berasal dari bandung juga #cikuray

31.kita memutuskan untuk melanjutkan pendakian jam 1dinihari supaya dapet mentari pagi dipuncak,karna cuaca saat itu tak bersahabat#cikuray

32.jam 1kita mulai move lagi setelah merapikan bawaan dan sedikit menghangatkan tubuh dgn secangkir kopi :)#cikuray

33.medan yg kita lalui begitu berat dan malam hari jadi gerak kita sedikit tehambat oleh cuaca yg begitu extrim dan fisik yg drop #cikuray

34.semua rombongan termasuk sy harus berhenti sejenak karna mual dan muntah,kita malah tertawa bila ada yg muntah,karna 1 nasib :)#cikuray

35.akhirnya kita nyampe puncak jam 7pagi meleset satu jam dari perhitungan kita,tapi kita bersyukur dapet cuaca yg cerah dipuncak #cikuray

36.ternyata rombongan sudah mengira sy kembali lagi ke pos pemancar,dan sedikit kaget saya menyusul ke puncak :p #cikuray

37.keadaan dipuncak begitu ramai oleh pendaki dan tendanya,hampir mirip pasar tumpah "menurut pandangan saya loh ya!!" #cikuray

38.setelah puas mengabadikan momen dan sedikit istirahat,akhirnya kami memutuskan turun dan saya dgn berat hati harus- #cikuray

39.berpisah dengan rombongan yg bertemu dipos3 secara tak sengaja karna perjuangan kami sampai puncak sangat berat dan berkesan :)#cikuray

40.sampai dipos pemancar sekitar pukul 2 siang dan cuaca terus menererus gerimis sesekali hujan#cikuray

41.sambil nunggu mobil jemputan datang,akhirnya kami saling kenal lebih dalam lagi antar satu sama lain dalam rombongan ini #cikuray

42.mobil baru datang jam 7 malam,tapi sy bersyukur ada waktu yg begitu lama untuk saling mengenal satu sama lain yg membekas dihati #cikuray

Sekian pengalaman mendaki cikuray menurut pengalaman pribadi saya semoga bermanfaat, memang banyak yang terlewat karena keterbatasan daya ingat. Memang setiap pendakian selalu mempunyai cerita berbeda, tapi satu yang pasti kita harus mempunya tekad yang kuat dan saling peduli.


Tags : gunung cikuray, cikurai, pendakian gunung cikuray, srimanganti, twitter, catatan

9 komentar :

  1. Wah, jadi tertantang bikin Ekspedisi Puncak Tanah Sunda hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo min sekali2 ke daerah jabar, Gunung2ny emang ga tlalu tinggi kaya daerah jatim atau jateng, tapi jalurnya mantap2.. :)

      Hapus
  2. min..... beneran saya akan berusaha ikut pada trip selanjutnya trip satubumikita kedepan... mohon saya terus dikabari ya min... mohon maaf dalam beberapa trip belum bisa gabung... :)

    BalasHapus
  3. Siap, kita update terus kalau ada kegiatan.. Ditunggu bang.. Makasih.. :)

    BalasHapus
  4. mas mo tanya dong, itu binatang liarnya apa ya? hehe anjing hutan atau ular? Insyaallah akhir bulan juni ke cikuray :) makasii ya mas sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang tau mba, tp sepertinya musang atau bajing.
      lancar pendakiannya ya mba..makasih juga sudah berkunjung ke blog kami. :)

      Hapus
  5. kang njenk, ieu kami dery, rombongan camp bareng naek cikuray,,, hahaha... support mang. kapan2 kita naek bareng lagi, kemaren kemaren katanya ketemu hasby di pasteur ya mang ?

    BalasHapus
  6. mas mau tanya ada punya nomor kontak mobil sewa pickup gak ?

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, menyanggah, bertanya ataupun ingin berkorespondensi.



Terima kasih

Masukan E-mail Anda Untuk Tetap Update Blog Satubumikita

ANDA PENGUNJUNG KE-

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...