Jumat, 22 Maret 2013

Hari Air Sedunia

Air adalah sumber utama bagi kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya di muka bumi ini. Tanpa air bisa dibayangkan bagaimana kehidupan kita. Air bisa dikatakan sebagai berkah dan bisa dikatakan sebagai bencana bila datang secara berlebihan dalam bentuk banjir yang sering kita alami saat ini. Air adalah senyawa yang menutupi hampir 71% permukaan Bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di Bumi. Pun tubuh kita sebagian besar adalah air.


Di tanggal 22 Maret biasa diperingati sebagai Hari Air Sedunia yang dalam bahasa Inggris disebut dengan World Day for Water. Hari air sedunia menurut wikipedia adalah perayaan yang ditujukan sebagai usaha-usaha menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih dan usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan. Hari Air Sedunia yang diperingati setiap tanggal 22 Maret di umumkan pada Sidang Umum PBB ke 47 tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil.

Pengelolaan sumber daya air yang kurang baik dapat menyebakan kekurangan air, monopolisasi serta privatisasi dan bahkan menyulut konflik.  Indonesia telah memiliki undang-undang yang mengatur sumber daya air sejak tahun 2004, yakni Undang Undang nomor 7 tahun 2004 tentang Sumber Daya Air. Tapi bila melihat kondisinya sekarang, air sudah benar-benar di privatisasi dan dimonopoli, sehingga kita dapat melihat kenyataan bahwa sering terjadinya konflik atau singgungan "memperebutkan" sumber air. Tak hanya itu kelangkaan air bersih pun bisa jadi karena ulah kita sendiri sebagai manusia yang lalai dan alpa memperlakukan alam seenaknya (ekploitasi hutan). 

So, di hari air sedunia ini, sudah berbuat apakah kita untuk ketersediaan air di masa yang akan datang?

(taufik/satubumikita)***

Tags; hari air sedunia, hari air, waters day, artikel hari air, satubumikita,

3 komentar :

  1. mematikan jeran air kalo tidak dipakai ;)

    BalasHapus
  2. @mari meri: siip.. :) thanks..

    @puk: oke :) thanks..

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, menyanggah, bertanya ataupun ingin berkorespondensi.



Terima kasih

Masukan E-mail Anda Untuk Tetap Update Blog Satubumikita

ANDA PENGUNJUNG KE-

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...