Kamis, 14 Maret 2013

Buku: Mountain Climbing for Everybody




Penulis: Harley Bayu Sastha

Jumlah Halaman: 302 hlm

Penerbit: Hikmah

satubumikita review:

Buku yang akan satubumikita review kali ini adalah buku lama yang berjudul "Mountain Climbing for Everybody". Buku tentang pendakian ini walaupun sudah lama terbit tapi cukup bermanfaat bagi para pegiat kegiatan alam.

Indonesia adalah negara yang kaya akan gunung berapi. Letaknya secara geografi yang ada di antara pertemuan tiga lempeng: lempeng Pasific, Indo-Australia, dan Eurasia ditambah lagi sebagai jalur The Pasific Ring of Fire membuat Indonesia memiliki 240 gunung berapi dengan 70 di antaranya yang masih aktif. 


Hal ini tentu saja merupakan pemikat tersendiri bagi banyak pendaki lokal maupun internasional untuk menjelajahinya. Sayangnya, minim sekali panduan tertulis yang telah ada, bahkan dikalangan para pendaki itu sendiri. Padahal mendaki gunung adalah merupakan salah satu olahraga yang sangat beresiko. Akibatnya, tidak jarang banyak ekspedisi pendakian yang menelan korban hanya dikarenakan oleh persiapan yang tidak sesuai dengan meda yang hendak dituju.

Untungnya Harley Bayu Sastha, penulis sekaligus pendaki ini segera menyadari kelemahan tersebut. Ia benar-benar mampu merasakan betapa butanya para pendaki pemula dalam melakukan ekspedisinya jika tidak dipandu guide saat melakukan pendakian.

Terpicu oleh fenomena tersebut, maka buku ini dituliskan sebagai panduan bagi para pendaki tersebut. Dituliskan secara detail dengan data-data yang komplit dan sarat pengalaman pribadi, ia berharap buku ini akan bisa membantu mereka yang hendak menapak salah satu puncak dunia yang ada di Indonesia.

Akhirnya Harley mampu mengelarkan sebuah buku panduan mendaki gunung-gunung di Indonesia yang dibuat berseri, yang di awali dari 9 gunung di Jawa Barat.

Tidak tanggung-tanggung, buku ini dilengkapi dengan informasi singkat, persiapan dan tips seputar pendakian gunung. Sejarah singkat dan wisata alam pegunungan Jawa Barat. Jalur pendakian di gambarkan berdasarkan pengalaman pribadi diperkuat dengan literatur data dari berbagai sumber.

Setiap jalur pendakian dilengkapi dengan tips perjalanannya masing-masing. Juga di lengkapi dengan berbagi informasi perijinan, gambaran biaya menuju lokasi, fasilitas serta akomodasi pada setiap pintu masuk jalur pendakian serta berbagai tempat menarik di sekitarnya. Sebagai pelengkap di gambarkan Peta Tulang Rute Pendakian masing-masing gunung. Setiap bagian gunung di batasi oleh foto besar wilayah masing-masing gunung. Foto-foto sebagai pelengkap di tampilkan secara galery dan berwarna sehingga lebih menarik dan terlihat keindahan wilayah pegunungannya.

Menyadari bahwa banyak buku pengetahuan yang akhirnya terjerumus pada penampilan yang membosankan, agar tidak membosankan buku ini oleh penerbitnya dilayout semenarik mungkin. Sebagai pemanis, disisipkan juga tiga buah puisi karya penulis yang berisi tentang kekaguman penulis terhadap pegunungan Indonesia yang begitu menakjubkan.

Kualitas isi dan desain buku ini benar-benar pantas dibanggakan. Tak heran jika akhirnya Herman O. Lantang, tokoh legendaris dalam dunia pencinta alam di Indonesia yang juga merupakan salah seorang pendiri MAPALA UI, mau memberikan tulisannya sebagai kata pengantar.

Tak cuma Herman, Don Hasman, petualang alam bebas sekaligus fotografer alam senior yang pernah mengukirkan namanya sebagai orang Indonesia pertama yang ke Himalaya pun juga turut memberikan pujiannya bahwa buku ini merupakan salah satu panduan mendaki gunung yang memadai dalam beraktifitas di alam.(kabar indonesia.com/satubumikita)***

Tags: review buku,  Mountain Climbing for Everybody , resensi buku, artikel buku, satubumikita,

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, menyanggah, bertanya ataupun ingin berkorespondensi.



Terima kasih

Masukan E-mail Anda Untuk Tetap Update Blog Satubumikita

ANDA PENGUNJUNG KE-

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...