Rabu, 13 Februari 2013

Bandung, Kota yang dikelilingi Gunung



Dengan morfologi wilayah Bandung yang berada di sebuah cekungan, membuat wilayah Bandung seperti sebuah mangkuk raksasa yang dijejali oleh banyaknya manusia yang menghuninya. Selain itu Bandung pun dikelilingi gunung-gunung yang hampir berada di semua penjuru mata angin. Gunung-gunung di Bandung memang tidak seperti gunung-gunung yang ada di jawa timur atau tengah yang memiliki ketinggian sekitar rata-rata di atas 2.000-3.000 meter di atas permukaaan laut (mdpl).



Zaman dahulu di tatar sunda terdapat sebuah ramalan (uga) yang kurang lebih berbunyi : Bandung dilingkung Gunung, Bandung Heurin ku Tangtung, yang kurang lebih bila diartikan secara bebas, Bandung dikelilingi Gunung, Bandung penuh dengan penduduk. Dan memang benar saja bila merujuk pada ramalan tersebut, Bandung yang dikelilingi gunung tersebut sekarang sudah penuh dan penuh sesak penduduknya. 

Gunung-gunung yang mengelilingi Bandung dahulu bisa dicirikan sebagai pembatas geografis. Di kutip dari buku  Wisata Bumi Cekungan Bandung (Budi Brahmantyo & T.Bachtiar: 2009), gunung-gunung dan perbukitan yang mengelilingi bandung searah mata angin. Di utara, dari barat ke  timur, adalah Gunung Burangrang (2.064 mdpl), Gunung Tangkuban Parahu (2.084 mdpl), Perbukitan Bukanegara, Gunung Bukittunggul (2.209 mdpl), Gunung Palasari (1.600 mdpl) dan Gunung Manglayang (1.818 mdpl).


Di bagian timur, dari utara ke selatan di antaranya adalah Gunung Bukitjarian, Gunung Geulis (1.291 mdpl), Gunung Dusung dan Gunung Kendan. Di selatan, dari timur ke barat dibatasi oleh Gunung Mandalawangi, Gunung Rakutak, Gunung Malabar (2.321), Gunung Patuha (2.434 mdpl) dan Gunung Kendeng (Kendang). Sedangkan di bagian barat adalah perbukitan sisa-sisa gunung api tua kala Pliosen seperti Gunung Selacau (di Soreang), serta Gunung Lagadar dan Gunung Bohong (di Cimahi).


Pada batas luar jauh di selatan, di antaranya terdapat kerucut-kerucut gunung api seperti Gunung Guntur (2.249 mdpl), Gunung Cikuray ( 2.818 mdpl), dan Gunung Papandayan (2665 mdpl). Sedangkan di sebelah Barat terdapat perbukitan Lipatan batuan sedimen Zaman Tersier seperti di Saguling, Rajamandala, Citatah hingga Tagogapu di sekitar Padalarang. Melihat kenyataannya sekarang bisa jadi ramalan tersebut benar adanya, Bandung sebuah kota yang dikelilingi Gunung sudah berubah menjadi kota yang penuh sesak dan padat, apalagi di akhir pekan. (satubumikita)***  

*Gambar peta : http://puadi.webs.com/

tags: bandung dilingkung gunung, artikel Bandung Kota yang dikelilingi Gunung, bandung, gunung bandung, jelajah gunung bandung, gunung2 di bandung, gunung bandung dari utara-selatan,timur-barat, cekungan bandung, bandung basin, satubumikita, kerucut gunung bandung

4 komentar :

Silahkan berkomentar, menyanggah, bertanya ataupun ingin berkorespondensi.



Terima kasih

ANDA PENGUNJUNG KE-

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...