Sabtu, 05 Januari 2013

Buku : Wisata Bumi Cekungan Bandung


Judul Buku : Wisata Bumi Cekungan Bandung

Penulis : Budi Brahmantyo & T.Bachtiar



Penerbit : Truedee Pustaka

satubumikita review :



Bisa dikatakan Geowisata adalah wisata alternatif selain wisata alam, wisata kuliner dan wisata belanja di kota Bandung. Buku ini selain sebagai tuntunan jalur-jalur Geowisata atau yang biasa disebut dengan jalur Geotrek dihampir seluruh pelosok dataran tinggi Bandung. Juga menambah pengetahuan kita tentang ilmu kebumian, serta menyajikan beberapa fenomena alam unik yang berada di sekitar kota Bandung.

Dataran tinggi Bandung yang rata-rata berelevasi 700 meter di atas permukaan laut (mdpl) merupakan sebuah bentukan alam yang unik. Bandung ibarat terdapat di sebuah mangkuk raksasa yang di kelilingi oleh gunung- gunung dan biasa disebut dengan "Cekungan Bandung" . Bukti bukti sejarah pembentukkan alam yang luar biasa tersebut dapat kita amati dalam perjalanan Geowisata yang ada di dalam buku ini.

Buku ini memuat 9 perjalanan Geotrek yang patut dijelajahi dan dilampiri oleh peta. Cerita menarik dan sejarah alam yang disajikan dengan cukup memikat karena ditulis dengan gaya bahasa yang ringan dan populer. Geotrek pertama dimulai dari kawasan Gunung Tangkuban Parahu hingga Geotrek ke-9 yang menguak daerah pegunungan di daerah malabar. Buku yang selain memaparkan jalur-jalur geotrek beserta sejarah alam tersebut tapi juga di dukung oleh gambar-gambar berwarna yang cukup memanjakan mata.

Buku ini pun cukup istimewa ditambah pengantar yang cukup terkenal yaitu Dewi Lestari seorang penulis dan penyanyi serta ditambah pula pengantar dari wakil gubernur jawa barat (Yusuf Macan Effendi) dan budayawan Bandung Iwan Abdurrahman. Terlepas dari itu semua dengan membaca buku ini semoga kita dapat lebih mencintai alam serta lingkungan yang kita diami. Sehingga kita lebih menghargai kearifan alam yang kelak kita wariskan kepada anak cucu kita dan bukan hanya sekedar cerita sebelum tidur atau dongeng belaka.

Buku yang ditulis oleh Budi Brahmantyo dan T.Bachtiar ini memang patut menjadi koleksi buku anda, selain sudah berpengalaman di bidang ilmu kebumian dan ditambah sudah banyak menelurkan buku serta tulisan yang banyak menjadi sumber referensi.

Jadi bila kebetulan anda melancong ke kota Bandung, buku ini di rekomendasikan menjadi acuan wisata anda bila anda bosan dengan wisata belanja, kuliner yang ada di dalam kota Bandung. (satubumikita)***

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, menyanggah, bertanya ataupun ingin berkorespondensi.



Terima kasih

Masukan E-mail Anda Untuk Tetap Update Blog Satubumikita

ANDA PENGUNJUNG KE-

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...