Video dokumentasi perjalanan terbaru, wilujeung !!

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Rabu, 11 Juli 2012

Gunung Ceremai Tempo Dulu


Gunung Ceremai atau biasa dinamakan "Ciremai" secara administratif termasuk dalam wilayah tiga kabupaten, yakni Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Posisi geografis puncaknya terletak pada 6° 53' 30" LS dan 108° 24' 00" BT, dengan ketinggian 3.078 m di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat.

Gunung ini memiliki kawah ganda. Kawah barat yang beradius 400 m terpotong oleh kawah timur yang beradius 600 m. Pada ketinggian sekitar 2.900 m dpl di lereng selatan terdapat bekas titik letusan yang dinamakan Gowa Walet. Kini Gn. Ceremai termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), yang memiliki luas total sekitar 15.000 hektar. 

Di bawah ini ada beberapa foto Gunung Ceremai tempo dulu.


Foto sebuah danau dengan latar Gunung Ceremai. Judul asli foto : Gezicht op een meer en de vulkaan Cereme oftewel Ciremai






Hamparan Sawah dengan latar Gunung ceremai dari kejauhan


Foto ini di ambil sekitar tahun 1920-1933. Foto ini koleksi dari  Tropenmuseum dengan pembuatnya/fotografernya adalah G.F.J. (Georg Friedrich Johannes) Bley (Fotograaf/photographer).





Disarikan dari berbagai sumber
Sumber foto : Tropenmuseum

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Silahkan berkomentar, menyanggah, bertanya ataupun ingin berkorespondensi.



Terima kasih

Berlangganan artikel, info dan event satubumikita, masukan e-mail anda di sini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...