Kamis, 12 Juli 2012

Talaga Bodas, Garut Tempo Dulu


Talaga dalam bahasa Sunda berarti telaga atau situ, dan 'bodas' berarti putih. Talaga bodas berarti telaga yang putih. Tapi sebenarnya telaga ini adalah kawah di atas puncak Gunung Talaga Bodas bekas letusan berabad-abad lalu. Kalderanya yang beku kemudian digenangi air hingga membentuk telaga. Disebut Telaga Putih karena telaga ini memang didominasi warna putih lantaran kandungan belerangnya cukup tinggi.

Gunung Talaga Bodas sendiri berada di wilayah perbatasan Kabupaten Garut dan Tasikmalaya. Tepatnya di selatan Kecamatan Wanaraja. Kawahnya berada di tengah-tengah hutan hujan tropis yang cukup lebat. Jarak kawah ini dari pusat Kota Garut sekitar 28 km.

Di kaki Gunung Talaga Bodas pun dulu ditemukan perkampungan yang luar biasa. Semua rumah, kandang serta gudang dibangun dengan pola atap rumah yang mirip rumah gadang di Padang. Semua rumah punya interior yang dibagi simetris dan juga punya ruang wanita. Pada tahun 1935 perkampungan ini terbakar habis.


 Dibawah ini ada beberapa foto-foto lawas Talaga Bodas, Garut, Check this out.


Judul Asli Gambar : "Litho naar een oorspronkelijke aquarel van J.C. Rappard.. Het meer Telaga Bodas." Telaga (Talaga) Bodas Garut tempo dulu (sekitar tahun 1882-1889) . Foto : Tropen Museum



.

***

Talaga Bodas tahun 1880 (Priangan Tempo Doeloe-Jilid 3/Akoer Lah)


Kawah Talaga Bodas tahun 1900 (Priangan Tempo Doeloe-Jilid 3/Akoer Lah)

Kawah Talaga Bodas sekitar tahun 1911, dulu terdapat sebuah gazebo.  (Priangan Tempo Doeloe-Jilid 3/Akoer Lah)

Kawah Talaga Bodas sekitar tahun 1920 (Priangan Tempo Doeloe-Jilid 3/Akoer Lah)

Kawah Talaga Bodas tahun 1900, dalam foto terlihat 2 orang Belanda berkumis sedang menunggang kuda dan 2 pemuda pribumi yang sedang duduk.  (Priangan Tempo Doeloe-Jilid 3/Akoer Lah)



***


Desa Papandak ±1925, Di kaki Gunung Talaga Bodas, Garut. Foto kartu pos : djawatempodoeleo.multiply.om



***
Sumber Keterangan : 

Sumber Gambar :  


tags : talaga bodas tempo dulu, garut tempo doeloe, talaga bodas garut, kawah talaga bodas, gunung talaga bodas, garut baheula, foto talaga bodas, foto lawas garut

2 komentar :

Silahkan berkomentar, menyanggah, bertanya ataupun ingin berkorespondensi.



Terima kasih

Masukan E-mail Anda Untuk Tetap Update Blog Satubumikita

ANDA PENGUNJUNG KE-

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...