Rabu, 03 Mei 2017

Review Kegiatan : Kunjungan Sabuki Peduli Lansia (Bagian 2)

Setelah sebelumnya kunjungan sabuki peduli bagian pertama telah terlaksana, yaitu ke Mak Isah yang tinggal di daerah Rajawali, Bandung. Kali ini kunjungan sabuki peduli bagian kedua, sabuki mengunjungi  lansia yang berbeda yaitu, Mak Iti (75 tahun) dan Mak Onoh (62 tahun), yang bertempat tinggal di daerah Pasir Wangi, Ujung Berung, Bandung.  Mak Itih dan Mak Onoh adalah ibu dan anak, yang tinggal hanya berdua di rumah yang sederhana dengan satu ruang tamu tanpa kursi, satu kamar dan satu dapur, tanpa memiliki toilet. Untuk Kondisi fisik Mak onoh, masih cukup sehat walaupun memiliki cacat mata di sebelah kirinya, sedangkan Mak Iti kakinya sudah tak kuat berjalan dan menopang beban tubuhnya.






Kunjungan kedua  sabuki peduli ini, dilaksanakan pada hari minggu (30/4/2017), tim yang ikut berkunjung berjumlah 9 orang. Setelah beberapa waktu yang lalu sabuki membuka donasi, uang yang terkumpul dibelanjakan untuk dibelikan kebutuhan para lansia  dan bantuan berupa uang tunai. Dan kali ini kami juga sedikit mengecek riwayat kesehatan berupa tensi yang dilakukan salah satu tim sabuki.

Saat kunjungan, Mak Itih dan Mak onoh, terlihat sangat senang sekali kami kunjungi, dan sedikit bercerita tentang kehidupannya. Sedikit riwayat yang kami dapat, Mak Iti adalah janda  yang ditinggal meninggal suaminya, sedangkan Mak Onoh adalah janda yang ditinggal cerai suaminya. Mak onoh memiliki anak lelaki yang sudah berumah tangga, dan jarang sekali mengurus Mak Onoh karena kesibukan urusan rumah tangganya.

Keseharian Mak Iti banyak dihabiskan duduk dan berbaring  di rumah saja, karena beliau sudah tidak mampu untuk berjalan. Sedangkan Mak Onoh sehari-harinya berjualan kentang dan sayuran seperti daun singkong di komplek yang tak jauh dari rumah. Barang dagangan tersebut diambil dari pemilik kebun. Laba yang diambil dari berjualan tersebut hanya sedikit, sekitar Rp.500 dari satu kilo.

Setelah lumayan lama kami bercengkrama di rumah Mak Iti dan Mak Onoh. Sebelum maghrib, kami pun pamit, Mak Iti terlihat sedih saat kami pulang dan mengajak kami untuk lebih lama dan bahkan tidur di sana. Semoga Mak Iti dan Mak Onoh sehat, dan bantuan dari kawan-kawan sabuki bisa bermanfaat.


-------------------
--------------------



Laporan keuangan Sabuki Peduli II 
Mak Iti dan Mak Onoh di Ujung Berung
Minggu, 30 April 2017

Saldo sebelumnya Rp 4.493.923

Beli beberapa kebutuhan tambahan seperti :

Beras 1 karung Rp 250.000
GPU cair Rp 20.900
Philips 18 watt 39.500
Philips 23 watt Rp 47.900
Telur 2kg Rp 37.400
Kasur Karpet Rp 400.000
Amplop cash Rp 1,000.000
------------------------- +
TOTAL PENGELUARAN : Rp 1.797.600
SALDO : Rp 2.696.323


Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, menyanggah, bertanya ataupun ingin berkorespondensi.



Terima kasih

Masukan E-mail Anda Untuk Tetap Update Blog Satubumikita

ANDA PENGUNJUNG KE-

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...