Minggu, 12 Juli 2015

Manfaat Tumbuhan Jelatang Untuk Kesehatan

Daun Jelatang, Foto kompasiana.com

Jelatang adalah sebuah tumbuhan yang sebangsa dengan rerumputan. Keberadaan jelatang ini sering diabaikan oleh orang-orang karena bentuknya yang tidak menarik dan bisa menyebabkan rasa panas, gatal dan bentol jika disentuh. Habitat jelatang adalah daerah yang memiliki kelembaban yang tinggi.

Jelatang ini berasal dari daerah dingin yang terletak di Asia dan Eropa Utara. Namun, tumbuhan ini sudah bisa hidup di seluruh dunia. Pertumbuhan jelatang akan semakin baik jika dia hidup di tanah yang kaya akan nitrogen. Bunga jelatang akan mekar pada bulan Juni dan bulan September.


Tumbuhan jelatang ini memiliki bunga yang berwarna merah muda atau kuning dengan daun yang berbentuk hati, meruncing pada ujungnya dan halus bergerigi. Tanaman ini memiliki perlindungan berupa bulu-bulu kecil, yang akan melepaskan bahan kimia penyengat ketika disentuh, pada seluruh bagian tanamannya sehingga akan membuat Anda merasa gatal ketika menyentuhnya.

Ada beberapa jenis tumbuhan jelatang, ada yang merambat dan ada juga yang berbatang. Ukuran daun dari jelatang ini adalah yang kecil dan ada juga yang lebar. Jelatang bisa tumbuh hingga 1 meter.

Selain dari gerak tumbuhnya, jelatang juga dibedakan berdasarkan bentuk daun dan efek gatal yang ditimbulkan. Ada jelatang ayam yang memiliki lebar daun sekitar 5 cm, ada jelatang kambing yang memiliki daun yang lebih lebar serta bisa memberikan efek gatal yang lebih kuat, dan ada pula jelatang kerbau yang memiliki lebar daun hingga 30 cm serta bisa memberikan efek perih dan gatal yang bisa bertahan hingga seminggu.

  • Kandungan Jelatang

Bulu jelatang memiliki kandungan asam format dan histamin sehingga dapat mengatasi proses inflamasi yang terjadi pada eksim dan juga rematik. Jelatang juga mengandung sterol dan flavonoid yang bermanfaat sebagai anti inflamasi. Selain itu, jelatang juga mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh seperti fosfor, kalsium, magnesium, vitamin A, vitamin C dan zat besi.
  • Khasiat Jelatang

Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan oleh jelatang adalah anemia, artritis, gout, sakit otot, nyeri sendi, rhinitis alergi, infeksi saluran kencing, gigitan serangga dan tendonitis.

 Sumber : http://segiempat.com/sehat/obat-herbal/manfaat-tumbuhan-jelatang-untuk-kesehatan/#comment-18702

1 komentar :

Silahkan berkomentar, menyanggah, bertanya ataupun ingin berkorespondensi.



Terima kasih

ANDA PENGUNJUNG KE-

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...