Sabtu, 15 Februari 2014

Sepintas Mengenal Ciplukan

Ciplukan di kaki Gunung Rakutak. Doc satubumikita, 2013
Kali ini satubumiita mencoba sedikit membahas mengenai salah satu tumbuhan perdu yang ternyata banyak khasiatnya, tumbuhan tersebut biasa disebut dengan Ciplukan, atau dalam bahasa sunda disebut cecenet atau cecendet. 


Menurut laman wikipedia disebutkan bahwa Ciplukan atau ada juga yang menyebut ceplukan memiliki tinggi s/d 1 m. Batang berusuk (=angulata) bersegi tajam dan berongga. Daun berbentuk bundar telur memanjang berujung runcing, dengan tepi rata atau tidak, 2,5-10,5 × 5-15 cm.

Bunga di ketiak, dengan tangkai yang tegak, keunguan, dan dengan ujung yang mengangguk. Kelopak berbagi lima, dengan taju yang bersudut tiga dan meruncing, hijau dengan rusuk keunguan. Mahkota serupa lonceng, berlekuk lima dangkal, kuning muda dengan noda kuning tua dan kecoklatan di leher bagian dalam, 7-9 mm tingginya. Tangkai sari kuning pucat dengan kepala sari biru muda.

Ciplukan, doc : wikipedia


Buah dalam bungkus kelopak yang menggelembung berbentuk telur berujung meruncing, hijau muda kekuningan, dengan rusuk keunguan, 2-4 cm panjangnya. Buah buni di dalamnya bulat memanjang, 1,5-2 cm, kekuningan jika masak, manis dan disukai anak-anak. Umumnya tumbuh liar, ceplukan biasa didapati bercampur dengan herba dan semak lainnya di kebun, tegalan, sawah yang mengering, tepi jalan, tepi hutan dan bagian-bagian hutan yang terbuka disinari terik matahari. Biasa tumbuh pada ketinggian 0 – 1800 m diatas permukaan laut. Ciplukan yang bernama latin yaitu Physallis peruvianna L., ataupun Physallis angulata Linn alias Physallis minina Linn, merupakan sanak famili dari tumbuhan Solanaceae.

Selain itu banyak juga kegunaan atau manfaat dari Ciplukan bagi kesehatan, antara lain :


1. Manfaat dan Khasiat Ciplukan untuk mengobati Influenza dan Sakit tenggorokan.
    
Tanaman Ciplukan ambil semua bagian lalu potong-potong sebesar 3-4 cm dan dijemur. Bungkus agar tidak lembab lagi. Gunakan sebanyak 9 – 15 gram yang direbus menggunakan air secukupnya dan diminum airnya.

2. Manfaat dan Khasiat Ciplukan untuk mengobati Batuk Rejan (pertusis), Bronchitis, Gondongan.  Sama caranya dengan pengobatan Influenza

3. Manfaat dan Khasiat Ciplukan untuk mengobati Kencing manis (diabetes).
    
Sama saja caranya seperti mengobati influenza. Tetapi rebus menggunakan 2 gelas air, sampai tersisa airnya 1 gelas. Setelah dingin disaring, minum sekaligus pada pagi hari. Ampasnya bisa direbus sekali lagi, guna diminum pada sore harinya.

4. Manfaat dan Khasiat Ciplukan untuk mengobati Bisul
    
Gunakan Daun Ciplukan 1/2 genggam kemudian cuci bersih dan giling sampai halus. Taruh pada bagian yang terkena bisul dan sekelilingnya, Balut dan diganti 2 kali sehari.

5. Manfaat dan Khasiat Ciplukan untuk mengobati Borok
    
Cara pengobatan sama dengan pengobatan bisul, hanya ditambah air kapur sirih secukupnya.

6. Manfaat dan Khasiat Ciplukan untuk mengobati Sakit paru-paru
    
Tanaman Ciplukan lengkap direbus menggunakan 3 – 5 gelas air mendidih, kemudian saring. Airnya diminum 3 x sehari sebanyak 1 cangkir.

7. Manfaat dan Khasiat Ciplukan untuk mengobati Ayan. Gunakan Buah Ciplukan sebanyak 8 – 10 buah kemudian dimakan setiap hari.


Semoga tulisan sederhana bermanfaat bagi kawan satubumikita semua, terima kasih.

sumber tulisan :

1 komentar :

  1. masih banyak disitu ya gan?
    ditempat saya sudah jarang menemukan ciplukan, sip deh, dinikmati aja ciplukannya

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, menyanggah, bertanya ataupun ingin berkorespondensi.



Terima kasih

Masukan E-mail Anda Untuk Tetap Update Blog Satubumikita

ANDA PENGUNJUNG KE-

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...