Jumat, 20 September 2013

Sepintas Mengenal Pohon Randu (Kapuk)

Pohon Kapuk/ Randu


Saat pendakian ke Gunung Tampomas sumedang kemarin (14-15 Sept), kami menemui sebuah pohon yang buahnya berbusa seperti kapas atau kapuk. pohon tersebut biasa juga di sebut dengan Pohon Randu atau pohon Kapuk. Menurut wikipedia Kapuk randu atau kapuk (Ceiba pentandra) adalah pohon tropis yang tergolong ordo Malvales dan famili Malvaceae (sebelumnya dikelompokkan ke dalam famili terpisah Bombacaceae), berasal dari bagian utara dari Amerika Selatan, Amerika Tengah dan Karibia, dan (untuk varitas C. pentandra var. guineensis) berasal dari sebelah barat Afrika. 


Kata "kapuk" atau "kapok" juga digunakan untuk menyebut serat yang dihasilkan dari bijinya. Pohon ini juga dikenal sebagai kapas Jawa atau kapok Jawa, atau pohon kapas-sutra. Juga disebut sebagai Ceiba, nama genusnya, yang merupakan simbol suci dalam mitologi bangsa Maya. Pohon ini tumbuh hingga setinggi 60-70 m dan dapat memiliki batang pohon yang cukup besar hingga mencapai diameter 3 m. Serat yang dihasilkan dari kapas pohon ini sering atau cocok digunakan sebagai bahan kasur atau bantal.

Pohon ini banyak ditanam di Asia, terutama di pulau Jawa, Malaysia, Filipina, dan Amerika Selatan. Di Bogor terdapat jalan yang di sepanjang tepinya dinaungi pohon kapuk. Pada saat buahnya merekah suasana di jalanan menyerupai hujan salju karena serat kapuk yang putih beterbangan di udara.


1 komentar :

  1. biasanya pohon randu banyak bener penghuninya, deket deket rumah ane juga dan rasanya suka serem sendiri kalo ngelewat situ hehe

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, menyanggah, bertanya ataupun ingin berkorespondensi.



Terima kasih

Masukan E-mail Anda Untuk Tetap Update Blog Satubumikita

ANDA PENGUNJUNG KE-

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...