Rabu, 02 Oktober 2013

Plakat Petunjuk Arah dan Ketinggian Gunung di Taman Ganesha

Bila kita berkunjung ke Taman Ganesha Bandung, yang berada di seberang Aula ITB (Institut Teknologi Bandung) di jalan Ganeca, dan kita jeli maka kita akan menemukan beberapa plakat petunjuk arah dan ketinggian gunung yang berada di sekitar Bandung. 

Taman Ganesha sendiri dulu bernama Ijzermanpark yang dibangun sekitar tahun 1919. Nama Ijzermanpark diambil dari nama Dr. Ir. J. W. Ijzerman yang berjasa besar dalam pendirian Technische Hogeshool – THS (sekarang Institut Teknologi Bandung - ITB). Di taman tersebut dulu terdapat sebuah patung dada Dr. Ir. J.W. Ijzerman yang berada di pintu masuk utara taman. Patung Dr. Ir. J.W. Ijzerman itu masih berdiri megah pada tahun 1950-an. Namun pada tahun 1960-an patung Ijzerman telah digantikan dengan patung Ganesha. Di sana sekarang diletakan patung kontemporer terbuat dari baja tahan karat berbentuk rangka kubus (Tugu "In Harmonia Progresio"). Nah, bisa jadi plakat-plakat tersebut dibuat bersamaan dengan dibangunnya Taman Ganesha.

Di bawah ini satubumikita memfoto plakat-plakat tersebut, dan yang menjadi pertanyaan adalah tidak adanya Gunung Tangkuban Parahu dan Burangrang, yang merupakan landmark Gunung di kota Bandung (atau mungkin sudah raib atau lupa dibuat atau sudah tak terlihat), entahlah.

Gunung Dajeuhloehoer  (1110)



Gunung Djaja (2416) & Papandajan (2660)

Gunung Graha (1159)

Gunung Kendang (2607)

gunung Lalakon (970)

Gunung mandalawangi (1650)

gunung manglajang (angka tak terlihat jeas)

gunung Masigit (2067)



(taufik/satubumikita)***

1 komentar :

  1. waah orang belanda dulu sangat peduli dengan gunung2 di sekitar bandung dengan membuat plakat2nya agar warganya dulu tahu bahwa di bandung banyak gunung agar peduli atau sebagai pengingat, bagaimana dengan orang bandung saat ini?

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, menyanggah, bertanya ataupun ingin berkorespondensi.



Terima kasih

ANDA PENGUNJUNG KE-

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...