oleh : Taufik H
Setelah
menempuh jarak yang bisa dikatakan jauh, akhinya saya dan saudara saya
sampai juga di sebuah keramaian malam di sebuah kampung di pelosok nun
jauh di balik bukit-bukit. Keramaian tersebut bukan tanpa sebab, karena
di tempat tersebut terdapat sebuah perayaan menyambut keberhasilan hasil
dari panen padi. Kampung yang di maksud adalah sebuah kampung yang
bernama Kasepuhan Ciptagelar, yang lokasinya cukup sulit dijangkau oleh
kendaraan. Perayaan yang dimaksud adalah Seren Taun. Seren Taun
merupakan salah satu ritual/perayaan adat tahunan dari Kasepuhan yang
selalu menarik minat masyarakat luas untuk berkunjung kesana dan melihat
prosesi adat, pertunjukkan hiburan atau budaya yang mungkin sudah
jarang di temui di daerah lain. Perayaan puncak Seren Taun di tahun 2013
ini jatuh pada tanggal 1 September.
Menurut
berbagai informasi yang saya dapat dilapangan serta termasuk dari
wikipedia, menyebutkan bahwa Kasepuhan Ciptagelar merupakan Kasepuhan
yang termasuk dalam Kasepuhan Banten Kidul.
Kasepuhan Banten Kidul sendiri adalah kelompok masyarakat adat
sub-etnis Sunda yang tinggal di sekitar Gunung Halimun, terutama di
wilayah Kabupaten Sukabumi sebelah barat hingga ke Kabupaten Lebak, dan
ke utara hingga ke Kabupaten Bogor. Kasepuhan (Bahasa Sunda sepuh
berati tua) sendiri menunjuk pada adat istiadat lama (sunda) yang
masih dipertahankan dalam kehidupan sehari-hari seperti rumah
tradisional sunda yang bahan bangunannya masih menggunakan material
alam, adanya leuit (lumbung tempat menyimpan padi) serta ritual dan
upacara adat yang rutin digelar.
Selain Kasepuhan Ciptagelar, terdapat
pula beberapa Kasepuhan lainnya diantaranya; Kasepuhan Cisungsang,
Kasepuhan Cisitu, Kasepuhan Cicarucub,
Kasepuhan Citorek, serta Kasepuhan Cibedug. Kasepuhan Ciptagelar
sendiri melingkup dua Kasepuhan yang lain, yakni Kasepuhan Ciptamulya
dan Kasepuhan Sirnaresmi. Pemimpin adat di masing-masing Kasepuhan itu digelari Abah, yang
dalam aktivitas pemerintahan adat sehari-hari dibantu oleh para pejabat
adat yang disebut baris kolot (Sd. kolot, orang tua; kokolot,
tetua). Kasepuhan Ciptagelar kini dipimpin oleh Abah Ugi, yang
mewarisinya dari ayahnya, Abah Anom, yang meninggal dunia pada tahun
2007. Wilayah pengaruh kasepuhan ini di antaranya meliputi desa-desa Sirnaresmi dan Sirnarasa di Sukabumi.
Kampung
Gede Kasepuhan Ciptagelar adalah sebuah kampung adat yang mempunyai
ciri khas dalam lokasi dan bentuk rumah serta tradisi yang masih
dipegang kuat oleh masyarakat pendukungnya. Masyarakat yang tinggal di
Kampung Ciptagelar disebut masyarakat kasepuhan. Istilah kasepuhan
berasal dari kata sepuh dengan awalan /ka/ dan akhiran /an/. Dalam
bahasa Sunda, kata sepuh berarti 'kolot' atau 'tua' dalam bahasa
Indonesia. Berdasarkan pengertian ini, muncullah istilah kasepuhan,
yaitu tempat tinggal para sesepuh. Sebutan kasepuhan ini pun menunjukkan
model 'sistem kepemimpinan' dari suatu komunitas atau masyarakat yang
berasaskan adat kebiasaan para orang tua (sepuh atau kolot). Kasepuhan
berarti 'adat kebiasaan tua' atau 'adat kebiasaan nenek moyang'. - See
more at:
http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=23&lang=id#sthash.WBaHEZD6.dpuf
Kampung
Gede Kasepuhan Ciptagelar adalah sebuah kampung adat yang mempunyai
ciri khas dalam lokasi dan bentuk rumah serta tradisi yang masih
dipegang kuat oleh masyarakat pendukungnya. Masyarakat yang tinggal di
Kampung Ciptagelar disebut masyarakat kasepuhan. Istilah kasepuhan
berasal dari kata sepuh dengan awalan /ka/ dan akhiran /an/. Dalam
bahasa Sunda, kata sepuh berarti 'kolot' atau 'tua' dalam bahasa
Indonesia. Berdasarkan pengertian ini, muncullah istilah kasepuhan,
yaitu tempat tinggal para sesepuh. Sebutan kasepuhan ini pun menunjukkan
model 'sistem kepemimpinan' dari suatu komunitas atau masyarakat yang
berasaskan adat kebiasaan para orang tua (sepuh atau kolot). Kasepuhan
berarti 'adat kebiasaan tua' atau 'adat kebiasaan nenek moyang'. - See
more at:
http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=23&lang=id#sthash.WBaHEZD6.dpuf
Kampung
Gede Kasepuhan Ciptagelar adalah sebuah kampung adat yang mempunyai
ciri khas dalam lokasi dan bentuk rumah serta tradisi yang masih
dipegang kuat oleh masyarakat pendukungnya. Masyarakat yang tinggal di
Kampung Ciptagelar disebut masyarakat kasepuhan. Istilah kasepuhan
berasal dari kata sepuh dengan awalan /ka/ dan akhiran /an/. Dalam
bahasa Sunda, kata sepuh berarti 'kolot' atau 'tua' dalam bahasa
Indonesia. Berdasarkan pengertian ini, muncullah istilah kasepuhan,
yaitu tempat tinggal para sesepuh. Sebutan kasepuhan ini pun menunjukkan
model 'sistem kepemimpinan' dari suatu komunitas atau masyarakat yang
berasaskan adat kebiasaan para orang tua (sepuh atau kolot). Kasepuhan
berarti 'adat kebiasaan tua' atau 'adat kebiasaan nenek moyang'. - See
more at:
http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=23&lang=id#sthash.WBaHEZD6.dpuf
Kampung
Gede Kasepuhan Ciptagelar adalah sebuah kampung adat yang mempunyai
ciri khas dalam lokasi dan bentuk rumah serta tradisi yang masih
dipegang kuat oleh masyarakat pendukungnya. Masyarakat yang tinggal di
Kampung Ciptagelar disebut masyarakat kasepuhan. Istilah kasepuhan
berasal dari kata sepuh dengan awalan /ka/ dan akhiran /an/. Dalam
bahasa Sunda, kata sepuh berarti 'kolot' atau 'tua' dalam bahasa
Indonesia. Berdasarkan pengertian ini, muncullah istilah kasepuhan,
yaitu tempat tinggal para sesepuh. Sebutan kasepuhan ini pun menunjukkan
model 'sistem kepemimpinan' dari suatu komunitas atau masyarakat yang
berasaskan adat kebiasaan para orang tua (sepuh atau kolot). Kasepuhan
berarti 'adat kebiasaan tua' atau 'adat kebiasaan nenek moyang'. - See
more at:
http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=23&lang=id#sthash.WBaHEZD6.dpuf
Yang cukup menarik adalah kasepuhan tersebut dalam kurun waktu tertentu bepindah lokasi sesuai wangsit dari para leluhur. Kasepuhan Ciptagelar sendiri berdiri di Bogor sekita 640 tahun yang
lalu. Pada akhir tahun 2000 Abah Anom (alm.
Encup Sucipta) sebagai pemimpin kasepuhan pada saat itu menerima wangsit
(perintah) dari leluhur untuk pindah dari Kampung Ciptarasa ke Kampung
Ciptagelar. Ciptagelar artinya terbuka atau pasrah menerima perpindahan
tersebut. Wangsit ini diterima oleh alm. Abah Anom setelah melalui
proses ritual yang hasilnya tidak boleh tidak, mesti dilakukan.
Oleh karena itu perpindahan kampung adat merupakan kesetiaan dan
kepatuhan kepada para leluhur.
***
Setelah
lelah menempuh perjalanan yang panjang dari kota Bandung, tak begitu
banyak yang kami lihat dan lakukan di malam itu. Panggung dangdut yang
meriah dan pertunjukkan wayang masih membahana di kampung tersebut.
Seusai sejenak bertemu dengan abah ugi dan beberapa baris kolot di Imah
Gede (Rumah besar tempat tinggal abah pemimpin kampung Ciptagelar) saya
dan saudara pun pamit untuk tidur di sebuah ruang besar di tengah rumah.
Di sana sudah banyak entah itu warga kampung atau orang luar kampung
seperti kami yang tidur yang hanya beralaskan tikar dengan lantainya
yang terbuat dari kayu. Keesokan harinya, dingin cukup menyergap tubuh
dan kami terjaga dari tidur. Agar
perjalanan ini tidak sia-sia, kami pun menyempatkan diri untuk melihat
-lihat sudut kampung dan aktifitas warga. Ciptagelar di pagi itu bisa
dikatakan sangat ramai oleh para pengunjung yang berdatangan dari berbagai kampung disekitarnya dan kota-kota lain yang datang jauh-jauh ke sana.
Sekitar
jam 9 pagi , iring-iringan para sesepuh adat berbaris memanjang
menandakan Puncak Seren Taun segera dimulai, diringi di belakang barisan
tersebut para pembawa gabah (Dalam bahasa sunda disebut pare) yang
dipanggul menggunakan kayu lalu kayu tersebut digoyangkan/diarahkan ke
kiri dan ke kanan yang membuat sebuah suara, serta iring-iringan
kesenian lainnya. Suasana riuh rendah pun membahana di penjuru kampung.
Sumber :
- http://id.wikipedia.org/wiki/Kasepuhan_Banten_Kidul
- http://pariwisata-sukabumi.blogspot.com/2013/05/kampung-adat-cipta-gelar.html
Bersambung
Tulisan diambil dari : http://bloggopik.blogspot.com/2013/09/sejenak-bekunjung-ke-kasepuhan.html
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Silahkan berkomentar, menyanggah, bertanya ataupun ingin berkorespondensi.
Terima kasih