Kamis, 29 Januari 2015

How i met the mountains: "Darn you, rani!"

Oleh : Tiny Yuniar

Jujur, ga pernah kepikiran bahwa akhirnya saya akan terbawa arus kekinian yang dinamakan "hiking" atau bahasa kerennya muncak, menggunung, muncuk or whatever they said. yeah, i didnt think about it even once in my past life. kenapa? karena dulu paradigma menggunung means: "lo ga akan nemu kamar mandi", "lo ga akan tidur seenak dikasur", "lo akan boker layaknya hewani yang namanya tidak layak dibicarakan disini", "keringet, bau, capek" etc etc etc. "helloooo, barbie harus kotor-kotoran cape-capean?" *minta di lempar swallow*. but hey, itu aku di masa lalu, masa dimana main di mall adalah hal yang paling keren. masa ketika nongkrong di starbuc*s yang order kopi cuma buat numpang eksis di path. masa-masa ketika ke gramed*a cuma buat baca komik gratis. ok well, kita sudahi membahas masa lalu ini, barbie lelah bang! /slaps/ eh, tapi.. cerita ini ga akan pernah lepas dari masa lalu loh.. mau tau kenapa? kiss dulu kak ;;)) hahaha candaaaaa! serius amat bang.
 
well, begini cerita sebenernya kenapa saya bisa terkena hiking-wave (fenomena muncak  yang lagi ngetren karena film 5cm). jengjengjengjeeeet!


film yang bikin naik gunung jadi kekinian
--------

 
Sebut saja dia Rani, dia bukan kakak ku "beranjak dewasa kakaku rani tercinta~~~" *nyanyi* //gagal fokus// /slaps in da face// yep, dia adalah teman saya ketika dikampus yang bahkan deket juga ga begitu.. you know masa-masa kuliah sama aja kayak masa sekolah, masih geng-gengan. ya sebut saja saya masuk geng lolipop, rani geng cireng (lol). nah sebelumnya saya tau, rani adalah seorang pendaki gunung, doi udah duluan muncak 2 tahun lebih lama dari saya, bisa dibilang she's an expert compared to me. terhitung 23615189 puncak  sudah dia sambangi *oke ini lebay* hahaha. sebenernya saya gatau berapa puncak yang dia taklukan tapi yang pasti ada 1 puncak yang belum dia taklukan, you-know-puncak-pelaminan. #ehsorisori :p ok, lanjut..saat itu saya tau dia emang gemar naik gunung, bahkan dia sempat beberapa kali mengajak saya, cuma sayanya yang menggelengkan kepala sambil ngomong yang tentunya dalem hati karena kalau ngomong depan mukanya bisa-bisa barbie kena timpuk carriel 80liter "ih ngapain males, cape" dan yeah kata-kata ini yang mungkin menjadi karma saya setelahnya. yep, i feel you ran, menggunung itu cape enak, bikin ketagihan pula hiks :( lanjut.. beberapa tahun setelah kasus "ih ngapain males, cape" ada kejadian yang tak usah saya sebutkan apa, sebut saja patah hati.wkkk kejadian ini membuat saya gelisah, galau, merana dan saya bagaikan tak tahu arah tujuan hidup saya kemana.. murung, muka kusut, hidup seancur-ancurnya oke tau ini lebay tapi da emang iya atuh kumaha :( bayangkan bro 5 taun diputusin lewat bbm, sakitnya tuh disini. oke heup. 

ini dia rani sang racun dunia :p

nah saat itu seonggok ilham muncul dalam pikiran saya "hey, asa udah lama ga buka fesbuk.. mari kita log in sekalian hapus foto masa lalu" nah, disitulah keajaiban datang!! di beranda saya liat sebuah postingan yang di tag ke akun rani dengan tulisan "pendakian bersama dan aksi bersih gunung cikuray 24-26 oktober 2014" terus saya berpikir keras "cikuray? apa itu cikuray? does it really exist in this world? guetaunya cerai bang" /abaikan/ yep, pertama saya gatau bahwa di negeri garut sana ada sebuah gunung bernama cikuray, saya tau saya boloho, da saya mah apa tau papandayan aja udah uyuhan :(. search sana sini akhirnya menemukan bahwa cikuray adalah sebuah gunung yang memiliki pemandangan sangat eksotis. kita bisa liat negeri diatas awan kalau beruntung. oke entah bisikan syaiton darimana saya akhirnya nge-line rani kalau ga salah kaya gini "ran mau ikut naik gunung dong" dan rani membalas dengan bahagianya "hayuuuu nong". darisana lah awal mulanya saya tergila-gila mendaki gunung.. yes semua salah rani, she was poisoning me, dia meracuni aku untuk menggunung. aku tau ini bukan sepenuhnya salah rani, tapi kumaha ya da aku gamau disalahin :( 
cikuray ditas awan cr to the right owner
yang membuat aku tergoda untk naik gunung :(
racun sunrise di ketinggian cikuray cr. right owner











bayangkan, lo bobo pinggirnya awan :(

kebayang kan gay? gimana saya ga kabita liat pemandangan indah ini? oke. darisini saya berpikir. "Ya Tuhan, selama ini gue hidup ngapain aja?kemana aja atuh sampai gue melewatkan keindahan-Mu ini? maafkan aim Ya Allah" yes, saya nyesel-senyesel-nyeselnya kenapa saya dulu cuma main di mall yang jelas-jelas mall itu cuma ciptaan manusia. ya, manusia kaya saya, yang ga sebanding sama ciptaan Tuhan? Tuhan menyuguhkan keindahan alam untuk manusia, terus kenapa saya mengabaikannya coba? *nangis sambil showeran*
-----
lanjut maaaaang~~~ oke, saya tau, rani dari dulu naik gunung ga sendiri, iya lah men, bayangin weh masa kalah sama truk? yang punya gandengan :( hehhee. em yeah, rani bergabung dalam sebuah komunitas penggiat alam bebas dan wisata no profit dan berbasis masyarakat umum gitu.. namanya satubumikita atau disingkat sabuki. mereka sering jelong-jelong cantik dan menjelajah beberapa gunung di bandung khusunya, pulau jawa umumnya dan bahkan diluar jawa. wow amazing! sebut saja gunung keren semacam merbabu, semeru, dan rinjani. yes, mereka keren. oke sekali lagi MEREKA KEREN PARAH. betapa tidak, saya yang mendengar nama gunungnya pun hanya samar-samar merasa ga ada apa-apanya lah..nih ya boro boro merbabu, semeru, atau bahkan rinjani. manglayang yang deket rumah pun belum pernah :(

logo komunitas satubumikita
satubumikita @ranu kumbolo semeru
satubumikita @ puncak rinjani


             
satubumikita @ semeru















Maka dari situlah, saya terinspirasi dan mulai berniat untuk menjadi tampak keren seperti mereka. yep, karena aksi bersih-bersih dan pendakian bersama gunung cikuray diadakan oleh tim sabuki, maka dari situlah terpaksa tak terpaksa  saya jadi ikutan nimbrung sama komunitas satubumikita ini dan darisanalah saya mulai menemukan keluarga baru, sahabat baru, ekheeeem cemceman baru :p (karena sebenernya sih tujuan utamanya selain menghilangkan galau ya sambil menyelam minum bajigur lah segalon biar greget :p) dan saya tau bahwa tujuan rani sebenarnya gabung di sabuki juga untuk menghilangkan kegalauan ya mirip-mirip lah alasannya sama saya. galau-pengen-move-on :p tapi dibalik itu dia juga punya alasan terselubung yaitu dapet gebetan baru wkwkwk :)) yekan, ran? i feel you, you are not alone!. 

pertama denger kata-kata "komunitas penggiat alam" saya udah murung duluan. karena apa? yang saya tau penggiat alam itu orang-orang didalamnya sangar-sangar lah barbie yang lemah gini bisa apa bang?:(, terus suka ada ospekannya gitu kadang-kadang (boro-boro ospek komunitas, ospek kampus aja saya ga ikut bang :p). yep awalnya males, tapi apa daya event naik gunung cikuray kan yang ngadain komunitas ini? yowes, dijabanin lah..sesaat setelah saya sms rani pengen ikut, akhirnya saya sms ke kontak personnya., namanya gustav, dan satu lagi bayu. saya sms kedua-duanya, entah mereka terlalu baik atau terlalu rajin, gatau kebanyakan pulsa, gatau sekalian ngemodus *pede*. mereka berdua bales sms saya, dan akhirnya deal saya jadi peserta. masalahnya 1. saya bayarnya harus COD gan. yes ketemu langsung di basecamp mereka yaitu di daerah cikutra depan SMA 10 Bandung. 

ini dia gang bougenville, basecamp komunitas satubumikita
tepatnya ada diseberang SMAN 10 Bandung

oke ke SMA 10 aja jujur saya ga pernah, dan bisa sampai ke basecamp sabuki adalah anugerah Tuhan yang terindah guys hahaha betapa tidak? saat pertama ketemu, ada cowok berdua yang jemput *toooo twiiitttt* yang saat ini saya kenal mereka sebagai "abayu" dan "mang kukuh" kesan pertama? sangar. selanjutnya? mengecewakan. wkwkwk canda :p kesan pertama emang iya mereka keliatan bangetlag pendakinya. apalagi mang kukuh :D kesan selanjutnya mereka amat sangat welcome (bukan keset loh ya bang) yes mereka sangat ramah dan menerima saya yang ga ada apa-apanya ini secara apa adanya. nah udahan ya bahas kesan buat mereka berdua, sekarang lanjut, saat saya pertama masuk ke basecamp mereka, saya baru tau ternyata basecamp ini adalah sebuah rumah biasa yang sering dijadikan tempat nongkrong anak-anak sabuki, bukan basecamp official, tapi yang punya rumah terpaksa menjadikan rumahnya sebagai tempat ngumpul :p oya satu lagi, rumah cikutra ini sekaligus tempat penyewaan alat outdoor. keren! saya yang kuliah jurusan bisnis merasa bahwa mereka itu bisa banget nemu peluang dan kesempatan. keren! *angkat 4 jempol* betapa tidak? di era globalisasi perhikingan, mereka buka penyewaan alat outdoor yang otomatis orang-orang pasti akan nyewa ke mereka, apalagi kan yang kita ketahui alat outdoor itu kalau beli lumayan bikin dompet menangis :(. yeah sekali lagi mereka keren! lanjut....ya jadi ceritanya saya udah ada didalem basecamp, lalu mereka basa-basi nanya-nanya gitu lah darimana tau satubumikita? udah pernah naik kemana aja? udah punya pacar belom? *oke ini fitnah* hahaha yang saya jawab seadanya. saat itu disana ada beberapa orang yang pertama ketemu nginget namanya aja susah, tapi sekarang udah kayak keluarga sendiri. yes, disana ada mang gustav, abayu, mang opik, adekesuma, ade bayor, dan 1 cewe namanya teh anggi :) pertama-tama sih saya malu-malu eh sekarang malah malu-maluin wkwkwk kesan pertama buat mereka? seperti biasa. ramah, someah, rendah hati, tidak sombong. i feel really comfortable around them. yes thats why till now i'm still with them :) 

thanks satubumi kita, terimakasih sudah menerima saya apa adanya yeah karena sabuki dan rani lah saya jadi punya hobi baru, punya kegiatan baru yang belum pernah saya lakukan sebelumnya, kegiatan yang dulu kepikiran aja kaga, kegiatan yang bikin saya move on dari mantan dengan cepat, kegiatan yang dulu kalau diajak cuma bisa nyinyir dan geleng-geleng pala, kegiatan penuh tantangan yang udah kayak narkotika-bikin sakau. yes, it is hiking! hiking-wave, hiking-fever, fenomena naik gunung yang sangat kekinian :)
hmm.. oke! sekian sekelumit cerita bagaimana saya bertemu dengan keindahan Tuhan yang telah saya lewatkan di masalalu. bagaimana saya menemukan keluarga baru, sahabat baru dan ekhem cemceman baru :malu:
nantikan catatatan perjalan saya, satubumikita, dan dia yang sedang aku perjuangkan  selanjutnya ya guys! :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, menyanggah, bertanya ataupun ingin berkorespondensi.



Terima kasih

Masukan E-mail Anda Untuk Tetap Update Blog Satubumikita

ANDA PENGUNJUNG KE-

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...