Jumat, 13 Desember 2013

Manfaat Mendonorkan Darah Bagi Kesehatan Kita


Di dalam sebuah berita online, satubumikita mendapati bahwa kantung darah di Indonesia tidak pernah cukup dan bahkan selalu kurang setiap tahunnya, bisa jadi atau hampir pasti karena orang yang membutuhkan darah lebih banyak daripada orang yang mendonorkan darah. Oke, satubumikita tidak akan membahas hal kekurangan darah tersebut lebih jauh lagi, tapi akan sedikit membahas mengenai manfaat mendonorkan darah bagi kesehatan si pendonor yang mungkin bisa sedikit memancing orang untuk mendonorkan darahnya.




Ya, manfaat donor darah bukan hanya untuk menyambung harapan hidup orang yang didonor tapi untuk si pendonor juga sangat bermanfaat. Apa saja manfaat bagi kita yang rutin mendonorkan darah, simak beberapa poin di bawah ini :

  • ·         Memelihara Kesehatan Jantung dan menyeimbangkan zat besi dalam darah
 
Nah, menurut penelitian yang satubumikita kutip dari berbagai sumber,  jumlah zat besi dalam tubuh manusia kadang berlebihan. Zat besi ini biasanya diperoleh dari makanan. Dengan mendonorkan darah secara teratur maka secara tidak langsung Kamu membuang kelebihan zat besi di dalam tubuh. Dan, zat besi yang seimbang akan berdampak baik pada kesehatan jantung. Zat besi yang berlebih akan membuat jantung Kamu bermasalah. Bagi perempuan, keseimbangan zat besi bisa diperoleh saat menstruasi. Namun bagi pria, satu-satunya jalanya mendonorkan darah kamu. 

  • ·         Menurunkan Risiko Kanker
Donor darah yang konsisten dapat menurunkan risiko kita mengidap penyakit kanker. Apabila kita secara rutin (3 bulan sekali) menyumbangkan darah kita maka risiko pun semakin kecil, risiko kanker yang dapat diminimalisiry aitu, kanker hati, kanker paru-paru, kanker, kanker usus besar, kanker tenggorokan.

  • ·         Merangsang Pertumbuhan sel darah merah
     Manfaat donor darah lainnya adalah meningkatkan jumlah produksi sel hemoglobin. Mengapa bisa? Sebab dengan mendonorkan darah, tubuh Kamu akan mengurangi jumlah sel darah merah sehingga sum-sum pada bagian tulang belakang secara otomatis akan memperbaharui keberadaan sel darah merah dalam darah Kamu. Dan, pasokan sel darah merah yang baru akan membuat Kamu lebih segar dan sehat. 

  • ·         Melacak Penyakit
Salah satu prosedur wajib sebelum seseorang melakukan donor darah adalah langkah pemeriksaan. Tenaga medis akan menelusuri riwayat penyakit Kamu dan beberapa prosedur pemeriksaan lainnya seperti tekanan darah dan lainnya. Pemeriksaan ini secara tidak langsung akan mendeteksi jika ada penyakit yang Kamu derita.


Mungkin masih banyak manfaat mendonorkan darah selain untuk membuat tubuh kita sehat juga tentunya fungsi untuk kemanusiaan. Nah, adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi pendonor adalah :

1.            Umur pendonor harus berada di antara angka 17 sampai 60 tahun. Untuk usia yang ada di atas 60 tahun harus berdasarkan pertimbangan dari dokter.
2.            Berat badan pendonor minimal ada di angka 45 kilogram
3.            Jumlah hemoglobin di dalam darah minimal di angka 12,5 g/dl
4.            Tidak sedanghamil, menstruasi dan dalam masa menyusui.
5.            Tekanan darah harus stabil.
6.            Tidak menderita beberapa penyakit kronis dan berbahaya seperti HIV, jantung, hati, paru-paru, ginjal, diabetes mellitus, penyakit kuning, kanker dan masih banyak lagi lainnya.

Jadi tunggu apalagi, yuk yang memenuhi syarat menjadi pendoroh, mari mengagendakan donor darah menjadi kegiatan rutin (maksimal 3 bulan sekali) di PMI terdekat di kota kamu, atau ikut bersama satubumikita 3-4 bulan sekali di PMI kota Bandung. Give Blood, Save Life, and Keep Healthy. (satubumikita)***


Sumber :
Mediskus.com
Vivalife.com
Kelasbiologiku.blogspot.com


4 komentar :

  1. donor darah memang banyak banget manfaatnya,
    kebetulan saya jg rutin per 3 bulan, nah akhir desember neh waktunya, jadi ingat pas baca postingannya, trimakasih sobat

    BalasHapus
  2. Saya baru sekali mendonorkan darah :)
    Seru juga yaa :)
    Semoga lain kali ada kesempatan lagi

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, menyanggah, bertanya ataupun ingin berkorespondensi.



Terima kasih

Masukan E-mail Anda Untuk Tetap Update Blog Satubumikita

ANDA PENGUNJUNG KE-

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...