Sabtu, 03 November 2012

Tips Memilih Tenda dan Merawatnya

Tenda bisa jadi salah satu peralatan/benda yang cukup vital bagi teman-teman satubumikita yang senang bertualang di alam bebas atau naik gunung. 

Selain fungsinya untuk istirahat, tenda juga berfungsi sebagai rumah sementara bagi kita selama nge-camp di gunung. Oleh karena itu, memilih tenda yang baik dan sesuai dengan kriteria,  sangat diperlukan dalam perencanaan perjalanan. Tenda yang banyak beredar belakangan ini tidak selalu benar-benar cocok untuk kegiatan ini jadi dibutuhkan kejelian dalam memilih tenda yang cocok untuk mendaki gunung. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dipertimbangkan sebelum memilih tenda.



1. Bahan Dasar
Perhatikan baik-baik bahan dasar tenda.
Lebih baik memilih tenda dengan bahan dasar nilon, bukan yang terbuat dari kain katun. Tenda dengan bahan kain katun bila digunakan di pegunungan suhu tinggi akan meningkatkan ruang lembab dan dingin. Tenda jenis ini tidak memberikan perlindungan yang baik bagi penghuninya dan hanya cocok digunakan untuk berkemah di lereng gunung. Meski demikian, t
enda-tenda sekarang juga banyak yang dipadukan dengan katun dibagian dalamnya. Karena bahan katun dapat mengeluarkan uap panas tubuh dari dalam tenda ketimbang seluruh tenda yang berbahan dasar nylon. Makanya, kalau tenda anda keseluruhan berbahan dasar nylon pastikan tenda tersebut memiliki sistem ventilasi yang baik.

2. Model/Bentuk
Usahakan memilih tenda yang kurang memiliki bagian terbuka/menganga, terutama pada bagian atas, karena akan menjadi pintu angin. Angin dan badai adalah salah satu masalah utama yang sering dihadapi jika berada di ketinggian




3. Ukuran Ketinggian 
Jika anda ingin mendaki gunung, pilihlah tenda untuk hiking dengan konstruksi yang lebih rendah dari tenda untuk berkemah. Tenda dengan konstruksi yang rendah, lebih tahan terhadap hembusan angin kencang di ketinggian daerah pegunungan.

 



4. Fly Sheet atau Cover Tenda
Sebuah tenda untuk mountaineering seharusnya memiliki Fly Sheet, kecuali tenda single yang terbuat dari kain berongga (breathable) yang dapat menahan air tapi kondensasi dalam tenda dapat dialirkan keluar - sayangnya tenda berbahan seperti ini harganya sangat mahalFly Sheet sangat berguna untuk melindungi tenda utama dari hujan. Cobalah untuk memilih tenda yang memiliki Fly Sheet yang menutupi sampai bagian bawah tenda. Hindari memakai tenda tanpa Fly Sheet karena udara lembab di dalam tenda akan menjadi basah, dan hal itu tentu tidak nyaman bagi penghuni tenda.

5. Bahan Alas
Tidak selamanya alas tenda bebahan terpal lebih baik. Sudah banyak kejadian tenda yang memakai bahan terpal tidak dapat dijamin bebas dari rembesan air. Bahan tipis seperti yang digunakan di tenda ultralight (sejenis nylon), juga bisa efektif menahan rembesan air. Untuk mengurangi gesekan dengan tanah/material di bawah tenda, tapak (footprint) tenda dapat digunakan sehingga bahannya yang tipis dapat awet.

6. Berat dan Dimensi
Pilihlah tenda yang ringan dan membutuhkan dimensi ruang yang lebih kecil pada saat pengepakan. Selain praktis, hal ini juga sangat membantu ketika harus dibawa dalam Carrier. Beban tentu menjadi ringan.

7. Jarak Fly Sheet  dan Tenda Utama
Perhatikan juga jarak antara fly sheet dan atap tenda utama. Jarak yang baik antara fly sheet dan tenda utama akan memungkinkan uap kondensasi dari dalam tenda itu terbawa oleh angin sehingga tidak tertampung di bagian dalam Fly Sheet yang anti air. Jika menempel pada Fly Sheet maka hal ini akan berubah kembali menjadi titik air yang dapat jatuh dan merembes masuk ke dalam tenda. 
 
8. Guylines atau Tali Pengencang 
Tenda gunung seharusnya memiliki bagian tali pengencang tertentu yang berguna untuk ketahanan tenda dalam menghadapi angin kencang. Umumnya oleh pabrik tenda, guylines ditempatkan pada titik-titik konstruksi rangka tenda yang berguna memberikan kekuatan tambahan untuk frame agar tidak patah.

9. Ruang Penyimpanan
Teras (Vestibule) adalah kebutuhan tambahan untuk tenda pendakian gunung, karena selain menjadi tempat penyimpanan barang, Vestibule juga bisa digunakan sebagai dapur saat cuaca buruk dimana kegiatan memasak di luar tenda tidak dapat dilakukan. 

Beberapa hal lain yang kita perlu diperhatikan saat memilih tenda untuk kegiatan mountaineering seperti, jahitan atau frame. Selebihnya, sangat tergantung oleh selera dan jenis gunung kita akan daki.  


Merawat Tenda

Satubumikita merangkum 4 tips merawat tenda untuk anda, mari kita simak bersama.

1. Bersihkan

Setelah melakukan perjalanan, periksa dan bersihkan tenda anda dari kotoran yang mungkin saja melekat. Jika tidak kotor, gunakan spons basah dan sabun untuk membersihkannya. Jangan menggunakan mesin cuci atau pengering! Jangan pernah menyimpan tenda anda dalam keadaan basah!

2. Pemeliharaan

Jika anda sering menggunakan tenda dalam cuaca hujan, anda bisa membersihkan tiang tenda untuk menjaganya tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Terkadang air dapat membuat lempengan besi menjadi berkarat sehingga dapat mengurangi kelenturannya. Ritsleting juga perlu diperhatikan meski resiko karat cukup kecil. Anda bisa menyemprotnya dengan silikon kecil di geriginya (bukan pada kain) yang tentu saja dapat menjaga ritsleting berjalan lebih lancar.

3. Penyimpanan

Tempat kering yang sejuk adalah pilihan terbaik. Hindari lokasi seperti loteng yang dapat benar-benar panas, karena panas dapat merusak lapisan tenda.

4. Gunakan

Sesuatu yang dapat paling sering menyebabkan kerugian pada tenda dan mungkin tidak terlalu disadari adalah kerusakan akibat sinar Ultra Violet dari matahari. Biasakan sekali-kali mendirikan tenda meskipun tidak sedang bepergian. Hal seperti ini akan membantu pengeringan yang maksimal pada tenda. 

Mudah-mudahan dengan beberapa tips sederhana di atas, kegiatan berkemah atau mendaki gunung dapat menjadi menyenangkan. (Sumber : http://www.zonapetualang.com )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, menyanggah, bertanya ataupun ingin berkorespondensi.



Terima kasih

Masukan E-mail Anda Untuk Tetap Update Blog Satubumikita

ANDA PENGUNJUNG KE-

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...